UMSurabaya Repository

KINERJA GURU DALAM PEMANFAATAN BARANG BEKAS UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL LAMONGAN

Hidayati, Binti Nur and Dra. Badruli Martati, S.H.,M.A.,M.Pd and Aris Setiawan, S.Sn.,M.Pd (2016) KINERJA GURU DALAM PEMANFAATAN BARANG BEKAS UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL LAMONGAN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (388kB) | Preview
[img] PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tersedianya banyak barang bekas dilingkungan sekitar sekolah yang kurang dimanfaatkan, sehingga membuat para guru TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kesambi memanfaatkan barang bekas menjadi media pembelajaran. Ide kreatif ini muncul untuk mengembangkan kreativitas anak TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kesambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru dalam pemanfaatan barang bekas untuk mengembangkan kreativitas anak TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kesambi. Kinerja guru adalah kemampuan seorang guru dalam melakukan tugas dan tanggung jawabnya. Dikatakan baik apabila tujuan yang dicapai sesuai standar yang telah ditetapkan. Barang bekas adalah sebuah barang yang dapat dimanfaatkan sebagai pendukung pembelajaran dengan digunakan sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian menggunakan metode penelitiankualitatifdengan subjek penelitian adalah guru yang berjumlah lima (5) orang yang menjadi sumber informasi dan observasi terhadap kegiatan anak pada saat pembelajaran. Data dan informasi di peroleh dari hasil observasi,wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitianini adalah guru dengan kemampuan dan kreativitasnya mampu memilih dan menciptakan barang bekas menjadi media pembelajaran. Media pembelajaran didukung dengan metode pembelajaran yang mampu menciptakan proses pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas anak. Faktor pendukung kinerja guru dalam pemanfaatan barang bekas yaitu tersedianya banyak barang bekas di lingkungan sekitar sekolah dan adanya program sedekah barang bekas. Faktor penghambat yaitu anak yang merasa kesulitan dan waktu yang tersedia kurang banyak. Kata Kunci: kinerja guru, barang bekas, kreativitas anak usia dini

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 17 Nov 2017 09:13
Last Modified: 17 Nov 2017 09:13
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1036

Actions (login required)

View Item View Item