UMSurabaya Repository

METODE BERMAIN PERAN MAKRO DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH 19 SURABAYA

Nuraini, Dewi Untari and Dra. Badruli Martati, S.H.,M.A.,M.Pd and Aris Setiawan, S.Sn.,M.Pd (2016) METODE BERMAIN PERAN MAKRO DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH 19 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (460kB) | Preview
[img] PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode bermain peran makro dalam mengembangkan keterampilan sosial emosional anak usia dini. Guru TK Aisyiyah 19 Surabaya menggunakan metode bermain peran makro dalam mengembangkan keterampilan sosial emosional anak. Metode bermain peran makro adalah metode yang melibatkan interaksi antara dua anak atau lebih tentang suatu topik atau situasi. Anak melakukan peran masing-masing sesuai dengan tokoh yang diperankan. Mereka berinteraksi bersama menggunakan alat peraga. Sedangkan keterampilan sosial emosional adalah proses yang berkaitan dengan perilaku dan perubahan sosial emosional pada anak, diperoleh melalui kematangan dan belajar saat memulai ataupun mempertahankan suatu hubungan sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian adalah 17 (tujuh belas) anak, kepala sekolah dan 2 (dua) orang guru yang menjadi sumber informasi lain juga observasi terhadap kegiatan anak pada saat pembelajaran. Data dan informasi diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian adalah metode bermain peran makro dengan alat peraga yang menarik dan kreatif. Tujuannya mengembangkan keterampilan sosial emosional anak usia dini. Melalui stimulasi dan motivasi yang diberikan saat bermain peran makro. Faktor pendukung keterampilan sosial emosional anak yaitu lingkungan, pola asuh, kreatifitas guru dalam membuat alat peraga. Sedangkan faktor penghambat yaitu waktu dalam bermain peran makro, ketersediaan alat-alat peraga yang menunjang dalam bermain peran makro, dan lingkungan. Kata kunci: bermain peran makro, sosial emosional

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 20 Nov 2017 02:41
Last Modified: 20 Nov 2017 02:41
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1092

Actions (login required)

View Item View Item