UMSurabaya Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK KELOMPOK A DI RA. MUTIARA HATI SURABAYA

Albab, Ulul and Dra. Badruli Martati, S.H.,M.A.,M.Pd and Aris Setiawan, S.Sn.,M.Pd (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK KELOMPOK A DI RA. MUTIARA HATI SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (250Kb) | Preview
    [img] PDF (BAB 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (160Kb)
      [img] PDF (BAB 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (215Kb)
        [img] PDF (BAB 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (297Kb)
          [img] PDF (BAB 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (693Kb)
            [img] PDF (BAB 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (83Kb)
              [img] PDF (LAMPIRAN)
              Restricted to Repository staff only

              Download (1190Kb)

                Abstract

                Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat anak dalam kegiatan mengenal angka pada pengembangan kognitif anak usia dini. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan kurang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tentang peningkatan kemampuan mengenal angka melalui metode bermain peran terhadap anak kelompok A di RA. Mutiara Hati Surabaya. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah anak kelompok A yang terdiri dari 15 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian selama proses pembelajaran dapat disimpulkan adanya peningkatan kemampuan mengenal angka anak setelah menggunakan metode bermain peran pada setiap siklus. Dari siklus I prosentase ketuntasan anak dalam kegiatan mengenal angka sebesar 60% dan siklus II prosentase ketuntasan sebesar 88,3%. Hal ini disebabkan anak lebih mudah memahami dan merasa tertarik dengan metode bermain peran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka anak kelompok A di RA. Mutiara Hati Surabaya. Kata kunci: Kemampuan mengenal angka, bermain peran

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
                L Education > L Education (General)
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
                Depositing User: b b putri
                Date Deposited: 20 Nov 2017 10:15
                Last Modified: 20 Nov 2017 10:15
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1095

                Actions (login required)

                View Item