UMSurabaya Repository

PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MELALUI MEDIA PUZZEL ANAK KELOMPOK A TK KH. ROMLY TAMIM SURABAYA

Mutmainnah, Lailatul and Dra. Badruli Martati, S.H.,M.A.,M.Pd and Aris Setiawan, S.Sn.,M.Pd (2016) PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MELALUI MEDIA PUZZEL ANAK KELOMPOK A TK KH. ROMLY TAMIM SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (270Kb) | Preview
    [img] PDF (BAB 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (164Kb)
      [img] PDF (BAB 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (190Kb)
        [img] PDF (BAB 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (215Kb)
          [img] PDF (BAB 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (659Kb)
            [img] PDF (BAB 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (84Kb)
              [img] PDF (LAMPIRAN)
              Restricted to Repository staff only

              Download (3869Kb)

                Abstract

                Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 hanya sebatas hafalan, media yang kurang menarik minat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media puzzel dalam peningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 dan mengetahui hasil belajar anak dalam peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 setelah penerapan media puzzel. Penelitian ini menggunakan penelitian tindak kelas (PTK) yang dilaksanakan pada siklus I dua pertemuan dan siklus II dua pertemuan, yaitu melalui perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah anak kelompok A TK KH. Romly Tamim Surabaya sebanyak 17 anak. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan analisis kritis. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama proses kegiatan menggunakan media puzzel diketahui bahwa pada observasi awal ditemukan hanya 6 siswa (35,29%) dari 17 siswa yang mampu mengenal lambang bilangan. Pada siklus I yang mampu mengenal lambang bilangan sebanyak 8 siswa (47,05%) atau meningkat 11,86% dari observasi awal dan pada siklus II yang mampu sebanyak 14 siswa (85,35%) atau meningkat 38,3% dari siklus I dengan kriteria sangat baik melebihi 80% nilai ketuntasan Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media puzzel dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 dengan memuaskan, dilihat dari hasil ketuntasan belajar anak. Kata kunci :Kemampuan Mengenal, Lambang Bilangan 1-10, Media Puzzel.

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
                L Education > L Education (General)
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
                Depositing User: b b putri
                Date Deposited: 20 Nov 2017 10:59
                Last Modified: 20 Nov 2017 10:59
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1098

                Actions (login required)

                View Item