UMSurabaya Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN MELALUI PERMAINAN TUJON ANGKA PADA KELOMPOK B DI TAMAN KANAK KANAK AISYIYAH 17 SURABAYA

Winarlin, Yulia and Endah HendarwatI, S.E,M.Pd and Aristiana P. R., S.Sos.,M.Med.Kom (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN MELALUI PERMAINAN TUJON ANGKA PADA KELOMPOK B DI TAMAN KANAK KANAK AISYIYAH 17 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (184Kb) | Preview
    [img] PDF (BAB 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (169Kb)
      [img] PDF (BAB 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (287Kb)
        [img] PDF (BAB 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (318Kb)
          [img] PDF (BAB 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (482Kb)
            [img] PDF (BAB 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (81Kb)
              [img] PDF (LAMPIRAN)
              Restricted to Repository staff only

              Download (1139Kb)

                Abstract

                Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kemampuan anak-anak dalam mengenal bilangan, menulis lambang bilangan sesuai dengan jumlah benda, dan menghubungkan gambar benda dengan bilangan. Dan untuk mengetahui kemampuan anak dalam mengenal bilangan 1-10 melalui permainan tujon angka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah kegiatan permainan tujon angka dalam meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 pada anak-anak kelompok B di TK Aisyiyah 17 Surabaya. Penelitian ini dilakukan di TK Aisyiyah 17 Surabaya dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) model kemmis dan Mc Taggart. Dilakukan dalam dua siklus dalam setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan melalui beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainan tujon angka dalam kegiatan pembelajaran mengenal bilangan 1-10, menulis lambang bilangan sesuai dengan jumlah benda, dan memasangkan lambang bilangan dengan jumlah benda. Pada siklus I kemampuan rata-rata anak mencapai 41.7% meningkat menjadi 79.7% pada siklus II. Kata kunci : tujon angka, mengenal, kognitif

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: L Education > L Education (General)
                Q Science > QA Mathematics
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
                Depositing User: b b putri
                Date Deposited: 21 Nov 2017 11:05
                Last Modified: 21 Nov 2017 11:05
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1213

                Actions (login required)

                View Item