UMSurabaya Repository

METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI DI TK AL HIKMAH KEBRAON SURABAYA

Agustiningrum, Fitriya and Endah HendarwatI, S.E,M.Pd and Aristiana P. R., S.Sos.,M.Med.Kom (2016) METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI DI TK AL HIKMAH KEBRAON SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (279Kb) | Preview
    [img] PDF (BAB 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (163Kb)
      [img] PDF (BAB 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (275Kb)
        [img] PDF (BAB 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (291Kb)
          [img] PDF (BAB 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (377Kb)
            [img] PDF (BAB 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (83Kb)
              [img] PDF (LAMPIRAN)
              Restricted to Repository staff only

              Download (1869Kb)

                Abstract

                Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan bahasa anak TK B khususnya B-3 di TK AL Hikmah Kebraon Surabaya kurang,anak sering mengalami kesulitan berkonsentrasi pada saat mendengarkan cerita dan menceritakan kembali isi cerita. Hal ini ditunjukkan bukti dari percakapan dengan guru kelas. Perencanaan yang harus dilakukan adalah dengan adanya metode bercerita sebagai stimulus untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak, sehingga diharapkan anak lebih mudah dan mampu berbahasa dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok B-3 di TK AL Hikmah Kebraon. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari hasil penelitian siklus 1 sebanyak 58% anak mampu menceritakan kembali cerita sederhana secara urut dan pada siklus ke 2 didapatkan hasil 80% anak mampu menceritakan kembali cerita sederhana secara urut. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa terjadi penigkatan kemampuan anak melalui metode bercerita sebanyak 22% dan penelitian ini dikatakan sudah berhasil karena sudah sesuai target yang diharapkan. Kata Kunci :Metode bercerita, kemampuan bahasa anak usia dini

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
                L Education > L Education (General)
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
                Depositing User: b b putri
                Date Deposited: 21 Nov 2017 11:26
                Last Modified: 21 Nov 2017 11:26
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1219

                Actions (login required)

                View Item