UMSurabaya Repository

PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) OUTDOOR TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK TK DI KECAMATAN TANDES SURABAYA

Qomariyah, Siti and Endah HendarwatI, S.E,M.Pd and Aristiana P. R., S.Sos.,M.Med.Kom (2016) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) OUTDOOR TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK TK DI KECAMATAN TANDES SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (411kB) | Preview
[img] PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat permainan edukatif (APE) outdoor terhadap keterampilan motorik kasar anak TK di Kecamatan Tandes Surabaya. Penelitian ini menggunakan dua kelas yakni kelompok eksperimen (menggunakan APE outdoor) dan kelas kontrol (tanpa APE outdoor). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan Pre-Experimental Designs dengan menggunakan One-Group Pre-Test-Post-Test Designs. Populasi dari penelitian ini adalah anak TK di Kecamatan Tandes Surabaya tahun pelajaran 2015/2016. Sampel di penelitian ini adalah TK Aisyiyah 29 Kelompok A dengan jumlah anak 24 anak, kelas eksperimen 12 anak dan kelas kontrol 12 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, dan dokumentasi. Tenik analisis data adalah dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedua kelompok dinyatakan terdistribusi normal (0,693 > 0,05) untuk kelompok eksperimen dan (0,912> 0,05) untuk kelompok kontrol dari uji homogenitas didapat kedua kelompok bersifat homogen (0,07> 0,05). Hasil uji-t menunjukan adanya perbedaan yang sangat signifikan (p<0,005) pada df 22. Pada keseimbangan (0,048< 005), t hitung > t tabel (4,005>2,048) sedangkan pada kelincahan (0,01< 005), t hitung >t tabel (5,007 > 2,048) dan pada kekuatan (0,01< 005), t hitung >t tabel (5,007 > 2,048). Nilai rata-rata posttest pada kelompok eksperimen adalah sebesar 11,67dan untuk 8,58 untuk kelompok kontrol. Dengan demikian, penggunan alat permainan edukatif (APE) outdoor memiliki pengaruh positif terhadap keterampilan motorik kasar anak kelompok A di TK Aisyiyah 29 Kecamatan Tandes Surabaya. Kata Kunci: Keterampilan motorik kasar, alat permainan edukatif (APE) outdoor, anak TK

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 21 Nov 2017 05:48
Last Modified: 21 Nov 2017 05:48
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1226

Actions (login required)

View Item View Item