UMSurabaya Repository

PROSES BERFIKIR SISWA DALAM MENGKONSTRUKSI KONSEP MATEMATIKA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA MELALUI TEORI APOS (Action, Process, Object, and Scheme)

PURWANTO, PURWANTO and Dra. Chusnal Ainy, M.Pd. and Shoffan Shofa, S.Pd.,M.Pd (2017) PROSES BERFIKIR SISWA DALAM MENGKONSTRUKSI KONSEP MATEMATIKA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA MELALUI TEORI APOS (Action, Process, Object, and Scheme). Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (94kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab 5)
Download (86kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Konsep matematika bersifat hirarkis/berurut. Konsep matematika harus mampu dikuasai oleh peserta didik. Setiap individu memiliki perbedaan termasuk mencapai suatu tahap konstruksi tertentu, bisa saja antar individu memiliki perbedaan proses berpikirnya. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan proses berfikir siswa dalammengkonstruksi konsep matematika kelas VIII di SMP Muhammadiyah 2 Surabaya pada materi pokok lingkaran melalui Teori APOS. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-kualitatif. Penelitian ini dilakukan bulan januari sampai febuari 2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surabaya. Subjek dipilih menggunakan teknik random sampling dimana subjek yang telah dikriteriakan berdasarkan hasil soal yang diberikan dengan masing-masing kriteria dua subjek. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dari hasil pekerjaan subjek. Hasil penelitian menunjukkan salah satu subjek dengan kriteria tinggi mampu mengkoneksikan keempat tahap menurut teori APOS sampai tahap skema. Subjek kriteria tinggi lainnya hanya mampu menyelesaikan aksi dan proses untuk menyelesaikan soal yang diberikan (Tahap obyek). Salah satu subjek kriteria sedang mampu mengkoneksikan keempat tahap menurut teori APOS sampai tahap skema. Subjek kriteria sedang lainnya hanya mampu menyelesaikan aksi dan sampai tahap proses. Dua Subjek kriteria rendah hanya mampu menyelesaikan aksi, belum mampu secara sempurna menentukan model permasalahan. Kata Kunci: Konstruksi konsep matematika; Teori APOS

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 320 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2017 06:48
Last Modified: 23 Nov 2017 06:48
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1350

Actions (login required)

View Item View Item