UMSurabaya Repository

IMPLEMENTASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE DALAM PELAYANAN JASA KESEHATAN DI PUSKESMAS DUKUH KUPANG SURABAYA

Gunawan , Hendra and Dr. Siti Maroah, M.Pd and Dr. Anna Marina, M.Si, Ak, CA (2015) IMPLEMENTASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE DALAM PELAYANAN JASA KESEHATAN DI PUSKESMAS DUKUH KUPANG SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (321Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (BAB 1)
    Download (169Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (BAB 2)
      Download (324Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF (BAB 3)
        Download (178Kb) | Preview
          [img] PDF (BAB 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (249Kb)
            [img]
            Preview
            PDF (BAB 5)
            Download (88Kb) | Preview
              [img] PDF (LAMPIRAN)
              Restricted to Repository staff only

              Download (994Kb)

                Abstract

                Puskesmas merupakan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) kesehatan kabupaten / kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatu wilayah. Puskesmas sebagai pusat pelayanan kesehatan strata pertama menyelenggarakan kegiatan pelayanan kesehatan tingkat pertama secara menyeluruh, terpadu, dan berkesinambungan, yang meliputi pelayanan kesehatan perorangan (private goods) dan pelayanan kesehatan masyarakat (public goods).Dalam meningkatkan pelayanan jasa kesehatan Puskesmas mencoba mengimplementasikan prinsip good corporate governance. Hal itu dilakukan karena, dalam proses demokrasi politik dan pemerintah saat ini tidak hanya menuntut profesionalisme dalam pelayanan publik tetapi juga menuntut terwujudnya kualitas pelayanan yang baik. Penelitian ini mencoba mengetahui tentang (1).Good Corporate Governance Di Puskesmas Dukuh Kupang, (2) Pelayanan Jasa Kesehatan Di Puskesmas Dukuh Kupang, (3) Implementasi Good Corporate Governance Dalam Pelayanan Jasa Kesehatan Di Puskesmas Dukuh Kupang Penelitian ini mengunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara langsung dengan: (1) Kepala Puskesmas tentang bagaimana peningkatan kualitas pelayanan di Puskesmas, (2) wawancara dengan petugas loket tentang bagaimana penyampaian kepada masyarakat terhadap prosedur pelayanan untuk mendapatkan pelayanan jasa kesehatan,(3) wawancara dengan pasien yang sedang berobat di Puskesmas Dukuh Kupang Surabaya, observasi dan Studi dokumentasi yang dikumpulkan berdasarkan permasalahan penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah Puskesmas DukuhKupang Surabaya sudah menerapkan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat maupun Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Puskesmas sendiri tidak membuat peraturan–peraturan sendiri di dalam penetuan tarif restribusi, jadwal pelayanan, dan jam pelayanan. Selain itu Puskesmas Dukuh Kupang dalam memberikan jasa kesehatan rawat jalan mulai dari petugas pelayanan, penanggung jawab pelayanan hingga kepala puskesmas sudah melaksanakan peraturan dan prosedur pelayanan dalam memberikan pelayanan jasa kesehata kepada masyarakat. Kata Kunci : Pelayanan Jasa, Good Corporate Governance

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
                T Technology > TX Home economics
                Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
                Depositing User: b b putri
                Date Deposited: 23 Nov 2017 14:05
                Last Modified: 23 Nov 2017 14:05
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1351

                Actions (login required)

                View Item