UMSurabaya Repository

PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI SMP MUHAMMADIYAH 3 WARU

RAHMANIA, ALFUL and Dra. Chusnal Ainy, M.Pd. and Himmatul Mursyidah, S. Si., M. Si. (2017) PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI SMP MUHAMMADIYAH 3 WARU. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (1100Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (Bab 1)
    Download (278Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (Bab 2)
      Download (452Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF (Bab 3)
        Download (503Kb) | Preview
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (672Kb)
            [img]
            Preview
            PDF (Bab 5)
            Download (86Kb) | Preview
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (4Mb)

                Abstract

                Dalam proses pembelajaran dibutuhkan adanya suatu evaluasi yang berfungsi untuk mengetahui perkembangan serta keberhasilan siswa setelah melakukan kegiatan belajar selama jangka waktu tertentu. Salah satu faktor agar prestasi belajar siswa meningkat adalah adanya minat dan daya juang terhadap mata pelajaran tertentu. Daya juang merupakan bagian dari adversity quotient. Adversity Quotient merupakan suatu kemampuan seseorang untuk bertahan dalam sebuah masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Pengambilan data dilaksanakan pada Bulan Mei 2017 pada siswa kelas VIIIA di SMP Muhammadiyah 3 Waru. Untuk memperoleh data, peneliti membagikan angket dan soal tes. Adapun data yang telah diperoleh akan diolah menggunakan rumus regresi linear, fungsinya yaitu untuk mengetahui pengaruh antar variabel. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara adversity quotient dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika sebesar 34,4%. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara adversity quotient dengan prestasi belajar matematika sebesar 31%. Sedangkan antara minat belajar dengan prestasi belajar matematika terdapat pengaruh positif sebesar 9%. Kata kunci: adversity quotient; minat; prestasi belajar

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
                Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
                Depositing User: Users 320 not found.
                Date Deposited: 23 Nov 2017 15:01
                Last Modified: 23 Nov 2017 15:01
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1355

                Actions (login required)

                View Item