UMSurabaya Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 15 SURABAYA

SABIT UDDIN, RACHMAT and Dra. Chusnal Ainy, M.Pd. and Shoffan Shoffa, S.Pd, M.Pd (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 15 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (265kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 5)
Download (7kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian adalah pembelajaran masih bersifat konvensional dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran, sehingga siswa cepat merasa bosan.Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together(NHT) terhadap aktiviats belajar siswa kelas VIII-C di SMP Muhammadiyah 15 Surabaya. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis rancangan one-shot case study. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C. Data yang diperoleh adalah data hasil wawancara terbuka kepada guru matematika untuk mengetahui kondisi awal kelas, data aktivitas belajar siswa, data kemampuan guru mengelola pembelajaran dan data respon siswa yang diperoleh dengan teknik angket. Data tersebut dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase dan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajarankooperatiftipe NHT kurangmemberikanpengaruhpositifterhadapaktivitassiswa(2) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together(NHT) terhadap aktivitas siswa selama pembelajaran masih kurang menunjukkan pengaruh yang baik dandapatdikategorikantidak efektif. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together(NHT) pada siswa kelas VIII-C di SMPMuhammadiyah 15 Surabaya kurangberpengaruhpositifterhadapaktivitasbelajarsiswasehinggakegiatan yang dilakukansiswamenjaditidakefektif. Kata Kunci: aktivitasbelajar; numbered head together

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 320 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2017 08:18
Last Modified: 23 Nov 2017 08:18
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1358

Actions (login required)

View Item View Item