UMSurabaya Repository

PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN BAHAN PENOLONG DALAM PENGENDALIAN INTERN PENGELUARAN BAHAN PENOLONG PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM SURYA SEMBADA KOTA SURABAYA

Meliani, Neng Ike and Dr. Anna Marina, M.Si, Ak, CA and Drs. Ec Sjamsul Hidayat, Ak, M.Si (2014) PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN BAHAN PENOLONG DALAM PENGENDALIAN INTERN PENGELUARAN BAHAN PENOLONG PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM SURYA SEMBADA KOTA SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (162Kb) | Preview
    [img] PDF (BAB 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (96Kb)
      [img] PDF (BAB 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (863Kb)
        [img] PDF (BAB 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (100Kb)
          [img] PDF (BAB 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (485Kb)
            [img] PDF (BAB 5 )
            Restricted to Repository staff only

            Download (71Kb)
              [img] PDF (LAMPIRAN)
              Restricted to Repository staff only

              Download (478Kb)

                Abstract

                Sistem informasi akuntansi persediaan bahan penolong sangat berperan penting dalam pengendalian intern pengeluaran bahan penolong. Kondisi saat ini, perusahaan masih mengalami kesulitan dalam sistem informasi akuntansi khusunya pada pengeluaran bahan penolong, sehingga tidak terkendalinya pengeluaran bahan penolong dikarenakan sistem informasi yang kurang efektif. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem informasi akuntansi persediaan bahan penolong pada PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, bagaimana pengendalian intern pengeluaran bahan penolong, dan bagaimana peranan sistem informasi akuntansi persediaan bahan penolong dalam pengendalian intern pengeluaran bahan penolong. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengolahan dan analisis data yang digunakan yaitu dengan menganalisis data tentang sistem informasi akuntansi dan pengendalian intern pengeluaran bahan penolong yang dilakukan oleh PDAM Surya Sembada Kota Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan sistem informasi akuntansi dan pengendalian intern pengeluaran bahan penolong yang telah diterapkan oleh perusahaan dan setelah dilakukan evaluasi oleh peneliti. Dengan adanya evaluasi tersebut maka sistem informasi akuntansi pada Perusahaan Daerah Air Minum Surya Sembada Kota Surabaya akan lebih efektif sehingga dalam pengeluaran bahan penolong dapat terkendali. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam menentukan standart untuk setiap pengeluaran bahan penolong tidak hanya didasarkan pada rencana pengeluaran bahan penolong saja tetapi perlu dilihat kondisi air baku karena pada setiap instalasi memiliki kondisi air baku yang berbeda-beda dan dengan adanya sistem komputerisasi untuk pencatatan pengeluaran bahan penolong maka akan mepermudah setiap bagian-bagian yang terkait dalam melakukan pengontrolan pada pengeluaran bahan penolong. Kata kunci : Sistem Informasi Akuntansi, Persediaan, Pengendalian Intern Pengeluaran Bahan Penolong.

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
                Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
                Depositing User: b b putri
                Date Deposited: 07 Nov 2017 12:41
                Last Modified: 07 Nov 2017 12:41
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/136

                Actions (login required)

                View Item