UMSurabaya Repository

PERANAN STRATEGI PELAYANAN DAN PROMOSI PRODUK DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DI PT BPRS AMANAH SEJAHTERA GRESIK

Fitriana, Nur and Dr. Siti Maroah, M.Pd and Qurratul A’yun Nailufarh, SE, MEI (2014) PERANAN STRATEGI PELAYANAN DAN PROMOSI PRODUK DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DI PT BPRS AMANAH SEJAHTERA GRESIK. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (326Kb) | Preview
    [img] PDF (BAB 1)
    Download (87Kb)
      [img]
      Preview
      PDF (BAB 2)
      Download (433Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF (BAB 3)
        Download (268Kb) | Preview
          [img] PDF (BAB 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (665Kb)
            [img] PDF (BAB 5)
            Download (60Kb)

              Abstract

              Persaingan dunia perbankan syariah pada era globalisasi saat ini menuntut berbagai perusahaan yang bergerak di bidang perbankan syariah untuk dapat meningkatkan dan mengembangkan kualitas perbankan baik dalam hal kualitas pelayanan dan promosi berbagai produk yang ditawarkan agar dapat mempertahankan nasabah dan meningkatkan jumlah nasabah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan mengungkapkan peranan strategi pelayanan dan promosi produk PT BPRS Amanah Sejahtera dalam meningkatkan jumlah nasabah. Sehingga akan ditemukan strategi pelayanan dan promosi yang dilakukan BPRS dalam meningkatkan jumlah nasabah. Pendekatan kualitatif deskriptif dilakukan untuk memberikan penjabaran yang luas dan menggambarkan serta menginterpretasikan informasi/data yang dikumpulkan di lapangan penelitian. Lokasi penelitian dilakukan di Gresik dengan subjek penelitian adalah karyawan dan nasabah PT BPRS Amanah Sejahtera. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: PT BPRS Amanah Sejahtera menggunakan 5 dimensi kualitas pelayanan jasa serta elemen-elemen bauran promosi untuk meningkatkan jumlah nasabah BPRS. Dalam pelaksanaannya dilapangan tidak akan terlepas dengan kendala-kendala diantaranya terbatasnya tenaga kerja, kurangnya fasilitas yang diberikan, serta kurang dikenalnya produk BPRS dimasayarakat. Upaya yang dilakukan oleh BPRS untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu meningkatkan pelayanan dengan menambah tenaga kerjanya, memperbaiki fasilitas BPRS serta meningkatkan promosi dengan menambah kerjasama dengan instansi/lembaga terkait sehingga masayarakat lebih mengenal Produk/ jasa yang dimiliki oleh BPRS. Penulis menyimpulkan bahwa PT BPRS Amanah Sejahtera menggunakan 5 variabel pelayanan dan elemen bauran promosi untuk meningkatkan jumlah nasabah serta pelayanan prima dalam memberikan pelayanan. Penulis juga memberikan saran kepada BPRS sebagai masukan dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan dan promosi yaitu dengan menambah dekorasi yang lebih bernuansa islami, menambah kerjasama dengan perbankan syariah lain dan mensosialisasikan produk dan fasilitas BPRS kepada nasabah dan calon nasabah serta meningkatkan promosi melalui media elektronik maupun non elektronik. Kata Kunci: Strategi Pelayanan, Strategi promosi dan peningkatan jumlah nasabah PT BPRS Amanah Sejahtera.

              Item Type: Thesis (Other)
              Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
              T Technology > TX Home economics
              Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
              Depositing User: b b putri
              Date Deposited: 24 Nov 2017 12:13
              Last Modified: 24 Nov 2017 12:13
              URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1398

              Actions (login required)

              View Item