UMSurabaya Repository

ANALISIS TEKNIS PENGGUNAAN ICCP (IMPRESSED CURRENT CATHODIC PROTECTION) DAN ZINC ANODA TERHADAP RESISTANCE PADA KAPAL CEPAT 60 M

Wulandari, Aisah and Dedy Wahyudi, ST., MT and Irawan Syahrir, S.Si., M.Si (2017) ANALISIS TEKNIS PENGGUNAAN ICCP (IMPRESSED CURRENT CATHODIC PROTECTION) DAN ZINC ANODA TERHADAP RESISTANCE PADA KAPAL CEPAT 60 M. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (512Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (Bab 1)
    Download (82Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (Bab 2)
      Download (330Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF (Bab 3)
        Download (124Kb) | Preview
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (1265Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (68Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (297Kb)

                Abstract

                Ketika kapal berlayar, luas permukaan lambung kapal yang tercelup air akan membuat gesekan dengan fluida cair, sehingga disebut tahanan kapal. Tahanan kapal akan berdampak pada daya mesin yang diperlukan oleh kapal untuk berlayar dengan kecepatan yang telah ditentukan. Salah satu komponen yang dapat menyebabkan tahanan pada kapal bertambah yaitu ICCP (Impressed Current Cathodic Protection) dan Zinc Anoda. Kedua proteksi katodik ini berhubungan langsung dengan permukaan badan kapal yang tercelup sewaktu bergerak sehingga akan menimbulkan gesekan sepanjang permukaan tersebut, sehingga disebut sebagai tahanan gesek. Adapun ada dua jenis kapal yang dianalisa, yang pertama menggunakan Zinc Anoda dan yang kedua menggunakan ICCP (Impressed Current Cathodic Protection). Analisa tahanan kapal pada penelitian ini dilakukan dengan cara pemodelan lambung kapal menggunakan software maxsurf dan analisa tahanan menggunakan softwere hullspeed. Hasil akan ditampilkan pada dalam bentuk tabel dan grafik. Tujuan dari analisis yang dilakukan untuk mengetahui besarnya tahanan yang terjadi, supaya bisa meminimalisir potensi timbulnya tahanan yang besar. Dari hasil analisa tahanan pada kapal cepat 60 m dengan menggunakan metode holtrop pada kecepatan dinas kapal 28 knots, untuk penggunaan ICCP menghasilkan tahanan sebesar 241,9 kN dan membutuhkan power 5808,424 kW. Sedangkan penggunaan Zinc Anoda menghasilkan tahanan sebesar 242,7 kN dan membutuhkan power 5825,857 kW.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Dedy Wahyudi, ST., MT. Dosen Pembimbing 2: Irwan Syahrir, S.Si., M.Si.
                Uncontrolled Keywords: Tahanan, Resistance, Hambatan Kapal, Katodik Proteksi, Maxsurf, Software Hullspeed
                Subjects: T Technology > T Technology (General)
                Divisions: 08. Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
                08. Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
                Depositing User: Users 322 not found.
                Date Deposited: 24 Nov 2017 07:19
                Last Modified: 09 Oct 2022 19:17
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1409

                Actions (login required)

                View Item