UMSurabaya Repository

KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 4 SIDAYU DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA

Fithriyah, Nur Walidah and Dra. Iis Holisin, M.Pd and Endang Suprapti, S.Pd., M.Pd. (2014) KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 4 SIDAYU DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (819Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (196Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (498Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (290Kb)
          [img]
          Preview
          PDF (Bab 4)
          Download (739Kb) | Preview
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (104Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (9Mb)

                Abstract

                Pendidikan matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang perlu dipelajari. Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah melatih cara berfikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan. Materi matematika dan penalaran matematika merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, yaitu materi matematika dipahami melalui penalaran, dan penalaran dipahami dan dilatihkan melalui belajar materi matematika. Maka permasalahannya ditentukan yaitu : bagaimanakah kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi persamaan dan pertidaksamaan kuadrat. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara melakukan tes dan wawancara. Sehingga hasil penelitian dapat diketahui kemampuan penalaran siswa dengan tingkat kemampuan matematika yang berbeda. Adapun indikatornya yaitu : menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis, gambar dan diagram, mengajukan dugaan, menentukan pola, melakukan manipulasi matematika, memberikan alasan terhadap beberapa solusi, memeriksa kesahihan suatu argument dan menarik kesimpulan atau melakukan generalisasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh simpulan bahwa secara umum kemampuan penalaran siswa dengan kemampuan matematika tinggi dalam pemecahan soal matematika menunjukkan siswa dapat memenuhi 7 indikator, kemampuan penalaran siswa dengan kemampuan matematika Sedang dapat memenuhi 5 indikator, dan kemampuan penalaran siswa dengan kemampuan matematika Rendah dapat memenuhi 3 indikator. Kata Kunci : kemampuan matematika, analisis kemampuan penalaran, Persamaan dan Pertidaksamaan Kuadrat.

                Item Type: Thesis (Masters)
                Subjects: Q Science > QA Mathematics
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: b b abdaziz
                Date Deposited: 24 Nov 2017 14:45
                Last Modified: 24 Nov 2017 14:45
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1417

                Actions (login required)

                View Item