UMSurabaya Repository

Upaya Meningkatkan Minat Baca Tulis Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Islam Al-Azhar 15 Surabaya

Wulandari, Yuliana (2016) Upaya Meningkatkan Minat Baca Tulis Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Islam Al-Azhar 15 Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (522Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (381Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (563Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (252Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (422Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (155Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (1343Kb)

                Abstract

                Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Bagaimana upaya orangtua dalam meningkatkan minat baca tulis Al-Qur’an pada anak usia dini di TK Islam Al-Azhar 15 Surabaya. 2) bagaimana upaya guru dalam meningkatkan minat baca tulis Al-Qur’an pada anak usia dini di TK Islam Al-Azhar 15 Surabaya. 3) Bagaimana upaya sekolah dalam meningkatkan minat baca tulis Al-Qur’an pada anak usia dini di TK Islam Al-Azhar 15 surabaya. 4) faktor apa yang menunjang dan menghambat upaya meningkatkan minat baca tulis Al-Qur’an pada anak usia dini di TK Islam Al-Azhar 15 surabaya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif, dimana penulis langsung terjun ke lapangan, tempat penelitian melihat keadaan disana untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan, baik melalui wawancara, observasi atau dokumentasi. Data-data yang terkumpul akan dipilih sesuai kebutuhan,kemudian dianalisis dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya orangtua dalam meningkatkan minat baca tulis Al-Qur’an pada anak usia dini di TK Islam hal ini terlihat bagaimana upaya orangtua memberikan guru les mengaji baik di rumah maupun di tpa juga reward atau hadiah agar anak bersemangat dalam kegiatan baca tulis Al-Qur’an, selain membaca Al-Qur’an bersama dirumah juga mengulang kembali kegiatan baca tulis Al-Qur’an yang telah diajarkan di sekolah. demikian pula upaya guru TK Al-Azhar yang telah menjadikan program kegiatan bta menjadi kegiatan intra wajib serta program unggulan sekolah TK Islam Al-Azhar serta bagaimana upaya lembaga Al-Azhar dalam menyediakan sarana prasarana, mendatangkan guru yang berkompeten dibidangnya untuk mendukung kegiatan baca tulis Al-Qur’an. Adapun faktor pendukung dari kegiatan tersebut adanya kerjasama dari orangtua dengan pihak sekolah maupun lembaga Al-Azhar,sarana prasarana yang tersedia serta semangat serta antusias murid dalam mengikuti kegiatan baca tulis Al-Qur’an. Namun adapula faktor penghambat diantaranya, mood anak yang naik turun karena setiap anak mempunyai cara belajar yang berbeda-beda, serta guru yang masih kurang memiliki kreatifitas dalam menangani anak usia dini.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: Baca Tulis Al-Qur’an, Anak Usia Dini
                Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
                Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
                Depositing User: b b basit
                Date Deposited: 24 Nov 2017 15:15
                Last Modified: 25 Jul 2018 11:57
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1424

                Actions (login required)

                View Item