UMSurabaya Repository

Strategi Guru Al - Islam dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Kelas X di Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 3 Gadung Surabaya

Bengkari, Marjuki (2016) Strategi Guru Al - Islam dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Kelas X di Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 3 Gadung Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (743Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (582Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (854Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (322Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (1438Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (91Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (787Kb)

                Abstract

                Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah karena banyak anak yang kurang atau masih rendah akhlaknya. Hal ini karena kegagalan dalam menanamkan dan membina akhlak. Tidak dapat dipungkiri, bahwa munculnya tawuran, konflik dan kekerasan lainnya merupakan cermin ketidakberdayaan sistem pendidikan di negeri ini, khususnya akhlak. Ketidak berdayaan sistem pendidikan agama di Indonesia karena pendidikan agama islam (Al-Islam) selama ini hanya menekankan kepada proses pentransferan ilmu kepada siswa saja, belum pada proses transformasi nilai-nilai luhur keagamaan kepada siswa, untuk membimbingnya agar menjadi manusia yang berkepribadian kuat dan berakhlak mulia. Dari semua fakta di atas, sangatlah perlu dipertanyakan bagaimana sejatinya potret akhlak para peserta didik tersebut, dan sebagaimana telah disebutkan di atas tentang guru agama (terutama Agama Islam) tentu saja hal ini tidak dapat dilepas dari strategi guru Al-Islam dalam mendidik mereka. Dari gambaran latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang dapat dibuat adalah : (1) Bagaimana Pelaksanaan Pendidikan Akhlak Siswa Di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 3 Gadung Surabaya? (2) Bagaimana Strategi Guru Al - Islam Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Kelas X Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 3 Gadung Surabaya? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sumber data yang digunakan ialah sumber data primer dan sekunder, tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data ialah observasi, wawancara dan dokumentasi, dan metode yang digunakan dalam analis data ialah reduksi dan, display data dan verifikasi Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi guru al-islam yang diterapkan sudah sesuai meliputi strategi pembelajaran kuantum, strategi pembelajaran metakognisi, strategi pembelajaran metakognisi, strategi pembelajaran kontekstual dan strategi pembelajaran inquiry. Hasil penelitian juga menunjukan akhlak siswa kelas X SMA Muhammadiyah 3 Gadung Surabaya cukup baik, sehingga strategi yang diberikan guru al-islam, mampu memberikan peningkatan terhadap siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Gadung Surabaya.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: Strategi Guru Al-Islam dalam meningkatkan Akhlak
                Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
                Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
                Depositing User: b b basit
                Date Deposited: 24 Nov 2017 21:04
                Last Modified: 25 Jul 2018 10:41
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1452

                Actions (login required)

                View Item