UMSurabaya Repository

PENGGUNAAN BAHAN AJAR DALAM BENTUK BROSUR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA

AINY, SHOFIATUL and Dra. Chusnal Ainy, M.Pd. and Febriana Kristanti, S.Si., M.Si. (2014) PENGGUNAAN BAHAN AJAR DALAM BENTUK BROSUR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (313Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (135Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (493Kb)
        [img] PDF (Bab 4)
        Restricted to Repository staff only

        Download (241Kb)
          [img] PDF (Bab 5)
          Restricted to Repository staff only

          Download (85Kb)
            [img] PDF (Lampiran)
            Restricted to Repository staff only

            Download (14Mb)

              Abstract

              Standart ketuntasan minimum (SKM) SMP Muhammadiyah 10 Surabaya untuk pelajaran matematika kelas VII adalah ≥75, namun pada kenyataanya nilai rata-rata siswa ≤ SKM. Hal ini terlihat dari 26 siswa, hanya 6 siswa yang tuntas atau sebesar 23,08%, dengan nilai rata-rata 71,35. Dari permasalahan tersebut, maka peneliti tertarik melakukan penelitian tentang penggunaan bahan ajar brosur sebagai upaya untuk meningkatkan hasil serta mengamati perkembangan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus pelaksanaan. Dari hasil penelitian pada siklus I dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas VII B mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari ketuntasan siswa sebelum tindakan sebesar 23,08% atau 6 siswa meningkat menjadi 53,85% atau sebanyak 14 siswa yang tuntas. Sedangkan pada siklus II 100% siswa tuntas degan rata-rata 78,54. Dari hasil observasi aktivitas siswa selama 2 siklus I diperoleh aktifitas siswa yang paling dominan adalah memperhatikan pendapat teman dan presentasi kelompok lain dengan presentase rata-rata 30,76%. Dan berdasarkan angket respon siswa setuju jika pembelajaran matematika menggunakan bahan ajar brosur. Kata kunci : Hasil Belajar Matematika, Bahan Ajar, Brosur. Aktivitas Belajar

              Item Type: Thesis (Other)
              Subjects: Q Science > QA Mathematics
              Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
              Depositing User: b b abdaziz
              Date Deposited: 27 Nov 2017 08:23
              Last Modified: 27 Nov 2017 08:23
              URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1478

              Actions (login required)

              View Item