UMSurabaya Repository

STUDI PERBANDINGAN PEMBERIAN PRE-TEST DAN POST-TEST BERUPA MIND MAP (PETA PIKIR) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 20 SURABAYA

DEWI SALINDRI, ROSALIA PUSPITA SARI and Drs.Wudjud Soepeno Dihardjo, M. Pd and Febriana Kristanti, S.Si., M.Si. (2014) STUDI PERBANDINGAN PEMBERIAN PRE-TEST DAN POST-TEST BERUPA MIND MAP (PETA PIKIR) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 20 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (223Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (150Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (612Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (216Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (323Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (193Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (2655Kb)

                Abstract

                SMP Negeri 20 Surabaya menentukan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk pelajaran matematika kelas VIII sebesar ≥ 75. Namun dalam proses pembelajaran, nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelas VIII masih di bawah KKM. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah kurangnya minat belajar peserta didik yang disebabkan oleh pembelajaran yang terkesan monoton. oleh karena itu, peneliti ingin melakukan penelitian di SMP Negeri 20 Surabaya yang bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar matematika antara peserta didik yang diberi pretest berupa mind map (peta pikir) dengan peserta didik yang diberi posttest berupa mind map (peta pikir). Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian kuantitatif karena dalam penelitian ini difokuskan pada pengambilan data yang berbentuk numerik. Subjek dalam penelitian ini adalah VIII-I sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII-G sebagai kelas eksperimen 2 sedangkan kelas VIII-F sebagai kelas uji data sebelum instrumen diujikan pada subjek penelitian. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara peserta didik yang diberi pretest dan posttest berupa mind map dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci: Pretest, Posttest, Mind Map (Peta Pikir), Hasil Belajar

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: Q Science > QA Mathematics
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: b b abdaziz
                Date Deposited: 27 Nov 2017 09:02
                Last Modified: 27 Nov 2017 09:02
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1483

                Actions (login required)

                View Item