UMSurabaya Repository

PENGARUH POSISI TEMPAT DUDUK SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 11 SURABAYA

Nurma, Nurma and Drs. Wudjud Soepeno Dihardjo, M. Pd and Drs. Sodikin M. Satuin, M.Kes (2014) PENGARUH POSISI TEMPAT DUDUK SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 11 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (381Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (84Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (743Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (2611Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (4Mb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (71Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (4Mb)

                Abstract

                Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pengaturan posisi tempat duduk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi luas permukaan dan volume balok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah pengaturan posisi tempat duduk diterapkan pada kelas tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua pertemuan. Setiap pertemuan siswa diharapkan dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik dan memperoleh hasil belajar yang baik pula. Subyek dari penelitian ini adalah kelas VIII-C, VIII-D dan VIII-A SMP Muhammadiyah 11 Surabaya. Dari penelitian yang telah dilakukan, hasil uji kesamaan dua rata-rata yang diperoleh hampir secara keseluruhan semua kelas yang digunakan memiliki hasil yang relatif sama. Sehingga tidak ada perbedaan atau pengaruhnya posisi tempat duduk siswa terhadap prestasi belajar. Hal yang membedakan hanya bagaimana anggapan siswa terhadap posisi tempat duduk siswa yang telah diterapkan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan prestasi siswa dalam belajar matematika materi luas permukaan dan volume balok antara siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan menggunakan posisi tempat duduk bentuk tradisional, U dan melingkar. Kata Kunci : Pengaturan Posisi Tempat Duduk, Prestasi Belajar

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: Q Science > QA Mathematics
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: Users 320 not found.
                Date Deposited: 27 Nov 2017 09:18
                Last Modified: 27 Nov 2017 09:18
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1484

                Actions (login required)

                View Item