UMSurabaya Repository

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TRIGONOMETRI DENGAN MENGGUNAKAN TAHAPAN POLYA

PUSPITASARI, YUSRIYANA NUR and Dra. Iis Holisin, M.Pd and Endang Suprapti, S.Pd., M.Pd. (2014) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TRIGONOMETRI DENGAN MENGGUNAKAN TAHAPAN POLYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahhuluan)
Download (573Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (80Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (190Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (92Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (517Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (68Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (502Kb)

                Abstract

                Penelititan ini bertujuan untuk mendeskripsikan letak dan jenis-jenis kesalahan siswa serta faktor penyebab kesalahan dalam menyelesaikan soal trigonometri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan cara melakukan tes dan mewawancarai subjek. Subjek penelitian adalah siswa yang dipilih mewakili kelas X-1, X-2 dan X-3 SMA Muhammadiyah 1 Surabaya yang berjumlah 25 siswa, kemudian mereka diberi tes untuk mengetahui letak dan jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal trigonometri. Sedangkan untuk mengetahui faktor penyebab kesalahan subjek penelitian memilih 3 siswa mewakili siswa yang mendapatkan nilai terendah, sedang dan tertinggi. Untuk menganalisis data hasil penelitian dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian ini diperoleh data bahwa subjek yang mendapatkan nilai tertinggi dan subjek yang mendapatkan nilai sedang sama-sama melakukan kesalahan pada tahap memahami masalah, melaksanakan rencana dan tahap memeriksa kembali dengan jenis kesalahannya yaitu kesalahan fakta, konsep, operasi dan prinsip. Sedangkan subjek yang mendapatkan nilai terendah melakukan kesalahan di semua tahap yaitu tahap memahami masalah, merencanakan masalah, melaksanakan rencana serta memeriksa kembali. Jenis kesalahan yang dilakukan adalah kesalahan fakta, konsep, operasi dan prinsip. Faktor penyebab subjek melakukan kesalahan adalah berpedoman pada 1 sumber belajar, lupa, tidak paham, kurang teliti dan malas. Kata Kunci: letak kesalahan, jenis kesalahan, dan faktor penyebab kesalahan.

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: Q Science > QA Mathematics
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: b b abdaziz
                Date Deposited: 27 Nov 2017 12:52
                Last Modified: 27 Nov 2017 12:52
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1490

                Actions (login required)

                View Item