UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 40 SURABAYA MELALUI MEDIA PUZZLE

MAKNUN SHOIDA, LU’LUIL and Dra. Iis Holisin, M.Pd and Wahyuni Suryaningtyas, S.Si., M.Si. (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 40 SURABAYA MELALUI MEDIA PUZZLE. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (1331Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (205Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (368Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (1997Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (197Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (130Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (5Mb)

                Abstract

                SMPN 40 Surabaya telah menentukan kriteria ketuntasan minimum (KKM) adalah ≥ 76 untuk pelajaran matematika kelas VIII. Saat ini rata-rata nilai matematika pada beberapa pokok bahasan masih dibawah KKM. Salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran matematika, sehingga siswa belum memahami matematika dengan konsepnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar persentase peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 40 Surabaya melalui media puzzle. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Karena dalam penelitian ini dilakukan siklus-siklus untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas. Kelas penelitian adalah kelas VIII G sedangkan kelas VIII F digunakan sebagai kelas uji instrumen. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan nilai hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 40 Surabaya meningkat.Terlihat dari nilai awal yaitu nilai UTS ganjil ke siklus I rata-rata nilai siswa meningkat sebesar 7,38% dan dari siklus I ke siklus II rata-rata nilai siswa meningkat lagi sebesar 12,92%. Respon siswa untuk pembelajaran melalui media puzzle sebesar 68% hal ini menunjukkan bahwa respon siswa kurang positif pada media puzzle. Pembelajaran menggunakan media puzzle dikatakan tidak efektif karena, respon siswa yang kurang positif pada pembelajaran dengan menggunakan media puzzle. Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Puzzle

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: Q Science > QA Mathematics
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: b b abdaziz
                Date Deposited: 27 Nov 2017 12:57
                Last Modified: 27 Nov 2017 12:57
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1493

                Actions (login required)

                View Item