UMSurabaya Repository

Efektifitas Metode Wafa dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas 2 C di Sekolah Dasar Mujahidin 1 Surabaya

Ruhul, Mas’ud (2016) Efektifitas Metode Wafa dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas 2 C di Sekolah Dasar Mujahidin 1 Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (300Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (330Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (475Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (114Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (262Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (134Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (832Kb)

                Abstract

                Latar belakang penelitian berawal dari fenomena siswa pondok pesantren yang menggunakan metode yang bersifat modern yaitu metode wafa. Menghafal al-Qur’an dikatakan mudah akan tetapi mudah pula lupa, oleh karena itu ketekunan dengan metode wafa bagi siswa SD Mujahidin 1 Surabaya sangat diperlukan. Mengingat metode sangat berpengaruh terhadap hasil dengan metode yang efektif akan menghasilkan proses pembelajaran yang dinamis yang pada endingnya akan memperoleh output yang lebih berkualitas. Tujuan Penelitian: (1) Untuk mengetahui perancanaan metode Wafa dalam menghafal Al-Qur’an dengan tartil di SD Mujahidin 1 Surabaya, (2) untuk mengetahui pelaksanaan metode Wafa dalam menghafal Al-Qur’an dengan tartil di SD Mujahidin 1 Surabaya, (3) mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi metode Wafa dalam menghafal Al-Qur’an dengan tartil di SD Mujahidin 1 Surabaya, (4) Untuk mengetahui efektifitas metode Wafa dalam menghafal Al-Qur’an dengan tartil di SD Mujahidin 1 Surabaya? Metode Penelitian: (1) Jenis penelitian ini menggunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif (2) Lokasi penelitian SD Mujahidin 1 Surbaya(3) Sumber data ada tiga tahap yaitu: person, place, paper (4) Prosedur pengumpulan data , melalui : observasi, wawancara, dokumentasi (5) Teknik analisa data yaitu: reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan (6) Pengecekan keabsahan temuan, yakni: trianggulasi dan pembahasan sejawat (7) Tahap-tahap penelitian, meliputi: pendahuluan, tahap pekerja lapangan, tahap analisis data. Hasil penelitian ini telah menunjukkan bahwa pelaksanaan metode wafa siswa kelas 3C di SD Mujahidin 1 Surabaya melalui tahapan persiapan dan pelaksanaan. Adapun efektifitas hifdzul Qur’an melalui metode wafa terlihat efektif terbukti bahwa metode wafa mampu mencapai ketuntasan KKM 75 dan jumlah siswa yang mencapai nilai minimum 75 adalah 86.36%.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: Efektifitas, metode wafa, menghafal Al-Qur’an
                Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
                Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
                Depositing User: b b basit
                Date Deposited: 27 Nov 2017 13:04
                Last Modified: 25 Jul 2018 11:45
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1496

                Actions (login required)

                View Item