UMSurabaya Repository

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN BERGAMBAR PADA ANAK AUTIS SMP INKLUSIF GALUH HANDAYANI SURABAYA

AGUSTINA, ITA and Drs. Wudjud Soepeno Dihardjo, M. Pd and Wahyuni Suryaningtyas, S.Si., M.Si. (2014) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN BERGAMBAR PADA ANAK AUTIS SMP INKLUSIF GALUH HANDAYANI SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (256Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (156Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (717Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (434Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (571Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (85Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (6Mb)

                Abstract

                Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan bahan ajar menggunakan media papan bergambar pada anak autis berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Proses penelitian pengembangan media papan bergambar ini menggunakan model pengembangan 4D Thiagarajan. Model ini terdiri dari tiga tahap, yaitu: 1) Tahap Pendefinisian (Define), 2) Tahap Perancangan (Design), 3) Tahap Pengembangan (Develop). Penilaian media dilakukan oleh tiga validator yang terdiri dari dua orang dosen dan seorang guru matematika. Penelitian pengembangan media ini diujicobakan di SMP Inklusif Galuh Handayani Surabaya pada tanggal 12-16 Mei 2014. Hasil penelitian diperoleh rata-rata total validasi dari aspek format, isi, dan bahasa sebesar 3,3 dalam kategori valid. Penilaian secara umum dari ketiga validator adalah kategori A yang berarti media papan bergambar dapat digunakan di lapangan atau di sekolah tanpa revisi. Sehingga dapat dikategorikan praktis. Berdasarkan tes hasil belajar sebanyak 5 siswa dari 6 siswa dinyatakan tuntas, sehingga persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 83,3%. Respon siswa terhadap media papan bergambar dalam kategori sangat positif dengan persentase sebesar 83,75%. Berdasarkan tes hasil belajar dan analisis respon, media papan bergambar dapat dikategorikan efektif. Hasil pengembangan bahan ajar menggunakan media papan bergambar memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa media papan bergambar dinyatakan layak. Kata Kunci: Pengembangan, Media Papan Bergambar, Autis, Statistika.

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: Q Science > QA Mathematics
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: b b abdaziz
                Date Deposited: 27 Nov 2017 13:30
                Last Modified: 27 Nov 2017 13:30
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1505

                Actions (login required)

                View Item