UMSurabaya Repository

Implementasi Metode Takror dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Abidin Surabaya

Arifin, Zainal (2016) Implementasi Metode Takror dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Abidin Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (341Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (437Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (625Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (266Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (428Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (152Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (150Kb)

                Abstract

                Penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan pertama, rendahnya kualitas pendidikan, kedua, kesenjangan ilmu pengetahun di indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apa pengertian metode takror, Bagaimana Pelaksanaan Metode Takror Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Abidin Surabaya, Apa Saja Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Metode Takror dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Abidin Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yang berbentuk kualitatif naturalistic deskriptif analitis dengan pendekatan studi kasus yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan, menuturkan dan menafsirkan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata baik tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati, sedangkan hasil analisis datanya dipaparkan dalam bentuk uraian naratif, yang terjadi secara alamiah, apa adanya, dalam situasi normal yang tidak dimanipulasi keadaan dan kondisinya. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi, wawancara atau interview dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif induktif. Sedangkan teknik yang digunakan dalam pengecekan keabsahan data adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Adapun teknik triangulasi yang digunakan oleh peneliti adalah triangulasi data, metode, dan sumber. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Abidin Surabaya telah menerapkan Metode Takror Dalam Pembelajaran Bahasa Arab dengan baik, serta sesuai dengan prinsip dan langkah-langkah yang ada. Ada faktor pendukung pelaksanaan Metode Takror dalam pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Abidin, kesesuaian materi Bahasa Arab dengan metode yang digunakan, dukungan kepala sekolah, guru serta adanya minat belajar siswa. Adapula faktor penghambat pelaksanaan metode Takror dalam pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Abidin, alokasi waktu yang kurang yakni dua kali pertemuan dalam satu minggu dengan durasi waktu 80 menit yang terkadang berakibat pada hasil takror yang kurang optimal. Skill berbicara yang kurang merata pada semua siswa terkadang membuat siswa kurang percaya diri saat mengeluarkan argumentasinya.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: Metode Takror dalam Pembelajaran Bahasa Arab
                Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
                Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
                Depositing User: b b basit
                Date Deposited: 27 Nov 2017 15:36
                Last Modified: 25 Jul 2018 10:39
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1532

                Actions (login required)

                View Item