UMSurabaya Repository

Pengaruh Media Pembelajaran Power Point Terhadap Pemahaman Siswa Kelas X Pada Mapel Al-Islam di SMA Muhammadiyah 7 Surabaya

Mutathohirin, Ahmad (2016) Pengaruh Media Pembelajaran Power Point Terhadap Pemahaman Siswa Kelas X Pada Mapel Al-Islam di SMA Muhammadiyah 7 Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (632Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (387Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (283Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (259Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (965Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (12Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (1701Kb)

                Abstract

                Penelitian ini didasarkan pada kurang adanya media pembelajaran media power point dalam proses pembelajaran sehingga berdampak pada proses pembelajaran yang kurang efektif. Media pembelajaranmerupakan salah satu komponen penting di dalam proses pembelajaran disekolah dan juga dipandang penting dalam hal membantu mencapai tujuan pembelajaran. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalahbagaimana penggunaan media PowerPointpada mapel al-Islam? bagaimana pengaruh penggunaan media Power Point terhadap pemahaman siswa pada mapel al-Islam? dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan media Power poin dalam mapel al-Islam?Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media Power Pointpada mapel al-Islam, mengetahui pengaruh penggunaan media Power Point terhadap pemahaman siswa pada mapel al-Islam dan mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan media Power poin dalam mapel al-Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan teknik analisis statistik untuk menganalisa data dan menarik kesimpulan. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, tes, observasi, wawancara/interview dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan : (1) Penggunaan media pembelajaran Power point pada mapel al-Islam Hasil angket menunjukan hasil positif dari siswa dengan nilai rata-rata 81,7 (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara media pembelajaran Power Point dengan pemahaman siswa pada mapel al-Islam. Hal tersebut ditunjukan dari r hasil perhitungan sebesar 0,695 lebih besar dari pada table r , baik dari pada taraf signifikansi 5% (0,413) maupun 1% (0,526). (3) Faktor pendukung dalam penggunan media pembelajaran power point: membantu memudahkan belajar bagi siswa dan memudahkan mengajar bagi guru , memberikan pengalaman lebih nyata, menarik perhatian dan minat siswa dalam belajar, semua indera siswa dapat diaktifkan, lama waktu pengajaran yang diperlukan dapat dipersingkat. Faktor penghambat dalam penggunaan media pembelajaran power point: kurangya keahlian guru dalam menggunakan power poin, faktor perbedaan siswa dalam memahami program power poin, kurang maksimalnya anak dalam menangkap materi yang ditampilkan dengan menggunakan media pembelajaran power point.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: Media power point, pemahaman siswa
                Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
                Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
                Depositing User: b b basit
                Date Deposited: 27 Nov 2017 15:59
                Last Modified: 25 Jul 2018 11:09
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1540

                Actions (login required)

                View Item