UMSurabaya Repository

Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Proses Belajar Mengajar di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kecamatan Semampir Surabaya

Damhuji, Damhuji (2015) Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Proses Belajar Mengajar di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kecamatan Semampir Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (451Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (183Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (289Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (112Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (215Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (11Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (1176Kb)

                Abstract

                Seorang guru juga dituntut menjadi seorang guru yang profesional dan berkompeten, baik itu kompetensi personal, sosial maupun kompetensi professional. Serta kompetensi berupa pengetahuan (knowledge), pemahaman, kemampuan (skill), nilai, sikap dan minat (interest). Sehingga indikator pencapaian tujuan pendidikan berupa peningkatan prestasi belajar siswa bisa terwujud. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kompetensi guru dalam proses belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiayah Islamiyah Semampir Surabaya, dan untuk mendiskripsikan upaya peningkatan kompetensi guru dalam proses belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiayah Islamiyah Semampir Surabaya. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian diskriptif kualitatif. Dan dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode Observasi, Interview, Dokumentasi dan Angket. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa penggambaran dengan kata-kata atau kalimat yang di pisah-pisahkan menurut kategori data penelitian guna mendapatkan suatu kesimpulan, gambaran dengan kata-kata atau kalimat dengan cara induktif. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan disini, bahwasannya guru Madrasah Ibtidaiayah Islamiyah Semampir Surabaya sudah berkompeten dan profesional dalam bidangnya. Hal ini dapat dilihat dari tingkat pendidikannya berkualifikasi pada pendidikan S-I, sebagai syarat mengajar untuk jenjang MI/SD. Dalam proses belajar mengajar guru Madrasah Ibtidaiayah Islamiyah Semampir Surabaya sudah mengajar sesuai dengan keahlian/bidangnya, mempersiapkan pengajaran, menyusun persiapan pembelajaran, mencarikan materi pelajaran yang sesuai dengan tujuan dalam kurikulum (GBPP), menggunakan metode pengajaran yang cocok, serta menggunakan media pembelajaran. Sedangkan upaya yang dilakukan guru Madrasah Ibtidaiayah Islamiyah Semampir Surabaya untuk meningkatkan kompetensinya diantaranya dengan mengikuti Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG). Mengikuti penataran, seminar, diskusi serta memanfaatkan media cetak atau media massa. Adapun upaya kepala sekolah untuk meningkatkan kompetensi guru Madrasah Ibtidaiayah Islamiyah Semampir Surabaya adalah dengan melakukan supervisi (pengawasan), mendukung ide-ide baru dari guru, mengadakan rapat, membahas masalah proses belajar mengajar, mengawasi tugas guru dan mengadakan penilaian terhadap guru.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Belajar Mengajar
                Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
                Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
                Depositing User: b b basit
                Date Deposited: 27 Nov 2017 16:13
                Last Modified: 25 Jul 2018 14:35
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1543

                Actions (login required)

                View Item