UMSurabaya Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBAL THROWING DALAM RANGKA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AL – QUR’AN HADITS PADA SISWA MTs. SUNAN GIRI KELAS VIII A TAHUN AJARAN 2014 – 2015

Ratnawati, Ratnawati and Dr. M. Arfan Muammar, , M.Pd.I (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBAL THROWING DALAM RANGKA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AL – QUR’AN HADITS PADA SISWA MTs. SUNAN GIRI KELAS VIII A TAHUN AJARAN 2014 – 2015. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (125Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (103Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (107Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (107Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (180Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (42Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (471Kb)

                Abstract

                Latar belakang dari penelitian ini adalah menonjolnya fenomena nilai Pendidikan Agama (Aqidah, AL-Qur’an Hadits, Fiqih, SKI) dikalangan siswa MTs Sunan Giri yang sangat rendah khususnya pelajaran AL-Qur’an Hadits.Hal ini terjadi karena lemahnya semangat belajar / kurangnya motivasi belajar AL-Qur’an Hadits. Motivasi belajar AL-Qur’an Hadits merupakan kekuatan, daya pendorong, atau alat pembangun kesediaan dan keinginan yang kuat dalam diri peserta didik untuk belajar AL-Qur’an Hadits secara aktif, kreatif, efektif, inovatif dan menyenangkan dalam rangka meningkatkan prestasi belajar yang optimal. Ada beberapa faktor penyebab rendahnya motivasi belajar AL-Qur’an Hadits dikalangan siswa MTs Sunan Giri, antara lain proses pembelajaran yang menjenuhkan, guru yang membosankan, model pembelajaran yang monoton. Model pembelajaran Snowball Throwing adalah model pembelajaran yang didalamnya terkandung unsur permainan dan diharapkan dapat membangkitkan semangat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa MTs Sunan Giri kelas VIII A Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang menggambarkan masalah sebenarnya yang ada dilapangan kemudian di refleksikan dan dianalisis berdasarkan teori yang menunjang dilanjutkan dengan pelaksanaan penelitian dilapangan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui observasi pengamatan dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa MTs Sunan Giri kelas VIII A yang dibuktikan dengan naiknya ketuntasan belajarnya, mulai kegiatan pratindakan, siklus satu dan siklus dua. Dalam penelitian pratindakan siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 52,63 % setelah dilakukan tindakan dengan model pembelajaran Snowball Throwing ketuntasan belajar siswa dalam siklus I naik menjadi 92,11 % dan dilanjutkan siklus II ketuntasan belajar siswa naik menjadi 97,37%. Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa MTs Sunan Giri kelas VIII A. Temuan yang lain adalah anak menjadi senang, semangat dan percaya diri dalam melakukan proses pembelajaran.

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
                Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
                Depositing User: b b basit
                Date Deposited: 27 Nov 2017 16:43
                Last Modified: 27 Nov 2017 16:43
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1552

                Actions (login required)

                View Item