UMSurabaya Repository

Penerapan Reward and Punishment Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa di SDN Pataonan 3 Socah Bangkalan

Aini, Qurrotu (2015) Penerapan Reward and Punishment Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa di SDN Pataonan 3 Socah Bangkalan. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (360Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (371Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (399Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (173Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (464Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (87Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (615Kb)

                Abstract

                Reward and punishment adalah penghargaan dan hukuman yang merupakan reaksi pendidikan atas perbuatan yang telah dilakukan oleh anak didik, penghargaan baik dan hukuman untuk perbuatan yang salah yang telah dilakukan anak didik. Keduanya merupakan alat pendidikan dan keduanya timbul sebagai usaha untuk memperbaiki kelakuan dan budi pekerti anak didik. Penghargaan yang diberikan sebagai ungkapan rasa senang dan bangga atas perbuatan baik dan prestasi anak, tetapi jangan sampai menebalkan sifat materialisnya. Sedang hukuman dalam pendidikan diberikan dengan tujuan untuk menuntun dan memperbaiki, bukan untuk menghardik atau balas dendam, bahkan jiwa santun sangat diperlukan dalam siasat pendidikan. Reward and punishment merupakan salah satu alat pendidikan yang berfungsi untuk memotivasi siswa dalam belajar. Dengan demikian maksud dan tujuan-tujuan dalam pemberian reward (ganjaran) dan punishment (hukuman), yaitu lebih meningkatkan kemauan belajar yang lebih baik oleh peserta didik. Seorang pendidik diharapkan dalam memberikan ganjaran dan hukuman sesuai dengan peraturan yang ada, sehingga peserta didik dapat menerima dengan besar hati dan diharapkan selama ganjaran dan hukuman diterapkan tidak ada kesalah pahaman antara pendidik dan peserta didik. Sehingga metode ganjaran dan hukuman dapat membawa dampak positif yang dapat menjadikan peserta didik untuk menjadi lebih baik terutama dalam hal berahklak. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa ada dampak positif dari penerapan RewardandPunishment karena dapat menyadarkan peserta didik untuk dapat belajar dan lebih giat lagi saat proses pembelajaran berlangsung, disamping itu siswa dapat menjadi lebih bersemangat dan termotivasi untuk bisa menjadi yang lebih baik lagi.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: Reward and Punishment, motivasi belajar
                Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
                Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
                Depositing User: b b basit
                Date Deposited: 27 Nov 2017 16:52
                Last Modified: 25 Jul 2018 12:11
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1554

                Actions (login required)

                View Item