UMSurabaya Repository

PENGARUH HEALTH EDUCATION METODE SMALL GROUP DISCUSSION TERHADAP PELAKSANAAN PHBS PADA TARUNA POLITEKNIKPELAYARAN SURABAYA

Dianawati, Indah and Yuanita Wulandari , S.Kep., Ns.,MS and Supatmi, S.Kep., Ns., M.Kes (2016) PENGARUH HEALTH EDUCATION METODE SMALL GROUP DISCUSSION TERHADAP PELAKSANAAN PHBS PADA TARUNA POLITEKNIKPELAYARAN SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (257Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (167Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (284Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (372Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (211Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (296Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (268Kb)

                Abstract

                PHBS adalah bentuk perwujudan paradigma sehat baik secara individu ataupun kelompok sehingga diharapkan semua orang tahu, mau, dan mampu mempraktekkan PHBS dan mampu berperan aktif dalam kehidupan sehari- hari. Tidak terlaksananya PHBS secara baik menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti ISPA, diare, dan penyakit kulit. Salah satu solusimeningkatkan PHBS dengan pemberian health educationmetode small group discussion. Penelitian ini menggunakan desainpre-experimental pre and post groupdesign. Variabel independen adalah health education metode small groupdiscussion dan variabel dependen PHBS. Sampel penelitian seluruh tarunatingkat II Politeknik Pelayaran Surabaya sebanyak 124 responden. Teknik sampling yang digunakan proportional stratifiedrandom sampling. Data didapatkan dari hasil observasi dengan lembar chek list berdasarkan indikator PHBS menurut Departemen Kesehatan 2010. Data dianalisi menggunakan uji wilcoxon sign rank dengan tingkat kemaknaan < 0,05 yang artinya berpengaruh. Hasilyang di dapatkan nilai rata -rata PHBS dibawah mean sebelum perlaakuan 58,90 dandi atas 91,10%setelahperlakauan. Hasiltesstatistikmenyatakan PHBS taruna setelah diberikan health educationmetode small group discussion lebih baik dari pada sebelumnya (ρ= 0,000, 77.79). Dengan adanya penelitian ini diharapkan semua taruna baru dibuat kelompok kecil untuk pengenalan tentang PHBS sebelum masuk asrama,sehingga mampu menerapkan PHBS dengan baik. Kata kunci : Health Education metode Small Group Discussion, PHBS

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
                R Medicine > RT Nursing
                Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
                Depositing User: Users 270 not found.
                Date Deposited: 28 Nov 2017 10:34
                Last Modified: 28 Nov 2017 10:34
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1590

                Actions (login required)

                View Item