UMSurabaya Repository

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN PATEAN II SUMENEP

Wasila, Wasila and Mulyono Najamuddin,, M.Pd.I (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN PATEAN II SUMENEP. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (1265Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (465Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (796Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (746Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (1442Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (327Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (2909Kb)

                Abstract

                CTL merupakan strategi yang melibatkan siswa secara penuh dalam proses pembelajaran. Siswa didorong untuk beraktivitas mempelajari materi pelajaran sesuai dengan topik yang akan dipelajarinya. Belajar dalam konteks CTL bukan hanya sekedar mendengarkan dan mencatat tetapi belajar adalah proses pengalaman secara langsung melalui proses berpengalaman itu diharapkan perkembangan siswa terjadi secara utuh yang tidak hanya berkembang dalam aspek kognitif saja, tetapi juga aspek efektif dan juga psikomotorik. Belajar melalui CTL diharapkan siswa dapat menemukan sendiri materi yang dipelajarinya. Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya sterategi pembelajaran CTL terhadap prestasi bealajar siswa khususnya di bidang Materi PAI di SDN Setelah dilakukan penelitian dan diperoleh data, serta dianalisis maka secara statistik Berdasarkan Tabel Interpretasi tersebut maka nilai hasil perhitungan che kuadrat sebesar 0,498 berada pada posisi 0,40-0,599 yang artinya terdapat kolerasi sedang atau pengaruh antara Contextual Teaching ang learning terhadap prestasi pada Pendidikan Agama Islam . sehingga semakin diterapkannya Contextual Teaching ang Learning maka prestasi belajar CTL semakin meningkat. Kata Kunci :Pengaruh Starategi pembelajaran CTL,Prestasi Belajar,PAI

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
                Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
                Depositing User: b b basit
                Date Deposited: 28 Nov 2017 12:41
                Last Modified: 28 Nov 2017 12:41
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1603

                Actions (login required)

                View Item