UMSurabaya Repository

PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 14 SURABAYA

Safurah Mahfudz , Rosa and Dra. Iis Holisin, M.Pd and Wahyuni Suryaningtyas, S.Si., M.Si. (2014) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 14 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (503Kb) | Preview
    [img] PDF (BAB 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (37Kb)
      [img] PDF (BAB 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (130Kb)
        [img] PDF (BAB 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (85Kb)
          [img] PDF (BAB 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (206Kb)
            [img] PDF (BAB 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (18Kb)
              [img] PDF (LAMPIRAN)
              Restricted to Repository staff only

              Download (3078Kb)

                Abstract

                Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan dari pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 14 Surabaya. Sebelum dilaksanakan penelitian, terlebih dahulu dilaksanakan uji instrumen. Uji instrumen ini dilaksanakan di SMP Mujahidin Surabaya pada kelas VII. Penelitian ini termasuk pada penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Berdasarkan uji t satu pihak, diperoleh bahwa t_tabel= 2,73 ≤ t_hitung= 12,819 , maka H_(1 )diterima sehingga didapatkan hasil bahwa rata-rata skor tes akhir pada kelompok eksperimen lebih baik daripada rata-rata skor tes akhir pada kelompok kontrol. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik berpegaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari adanya perbedaan positif hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar siswa pada kelas kontrol. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, hasil belajar

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: Q Science > QA Mathematics
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: b b abdaziz
                Date Deposited: 28 Nov 2017 15:11
                Last Modified: 28 Nov 2017 15:11
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1615

                Actions (login required)

                View Item