UMSurabaya Repository

MEMBANDINGKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DENGAN MEDIA ALAT PERAGA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Arif Machmud, Mochamad and Drs. Wudjud Soepeno Dihardjo, M. Pd and Endang Suprapti, S.Pd., M.Pd. (2014) MEMBANDINGKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DENGAN MEDIA ALAT PERAGA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (206Kb) | Preview
    [img] PDF (BAB 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (107Kb)
      [img] PDF (BAB 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (566Kb)
        [img] PDF (BAB 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (531Kb)
          [img] PDF (BAB 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (438Kb)
            [img]
            Preview
            PDF (BAB 5)
            Download (93Kb) | Preview
              [img] PDF (LAMPIRAN)
              Restricted to Repository staff only

              Download (0b)

                Abstract

                Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan hasil belajar antara pembelajaran matematika menggunakan media animasi dengan media alat peraga manual.Dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan respon siswa antara pembelajaran matematika menggunakan media animasi dengan media alat peraga manual pada materi bangun ruang sisi datar. Berdasarkan analisis data memperoleh rata-rata nilai test sebesar 33,67. Sedangkan media alat peraga sebesar 32,20. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh t hitung sebesar 0,674 dan nilai t table sebesar 2,048. Karena nilai t hitung < t table (0,674 < 2, 048) dan milai signifikan 0,506> 0,05 maka tidak terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan media animasi atau dengan media alat peraga. Karena nilai t hitung positif berarti nilai rata-rata kelompok media animasi lebih tinggi dari media alat peraga. Namun segi respon siswa, media alat peraga lebih unggul dengan selisih yang tidak jauh berbeda dari media animasi. Kata Kunci: Membandingkan, Hasil Belajar, Media Animasi, Media Alat Peraga.

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: Q Science > QA Mathematics
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: b b abdaziz
                Date Deposited: 28 Nov 2017 15:24
                Last Modified: 28 Nov 2017 15:24
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1616

                Actions (login required)

                View Item