UMSurabaya Repository

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 BANGKALAN PADA MATERI KELILING DAN LUAS SEGIEMPAT

Joko Purnomo , Achmad and Drs. Wudjud Soepeno Dihardjo, M. Pd and Wahyuni Suryaningtyas, S.Si., M.Si. (2013) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 BANGKALAN PADA MATERI KELILING DAN LUAS SEGIEMPAT. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (413Kb) | Preview
    [img] PDF (BAB 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (258Kb)
      [img] PDF (BAB 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (419Kb)
        [img] PDF (BAB 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (382Kb)
          [img] PDF (BAB 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (372Kb)
            [img] PDF (BAB 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (256Kb)
              [img] PDF (BAB 6)
              Restricted to Repository staff only

              Download (88Kb)
                [img]
                Preview
                PDF (LAMPIRAN)
                Download (2030Kb) | Preview

                  Abstract

                  Kata Kunci: Media Pembelajaran, Puzzle, Prestasi Belajar Media pembelajaran yang mampu meningkatkan kreatifitas dan inovasi siswa masih sangat jarang digunakan dalam proses pembelajaran matematika. Media pembelajaran puzzle tangram sampai saat ini masih digunakan terbatas sebagai media pembelajaran di satuan tingkat pendidikan Sekolah Dasar. Padahal media ini dapat diterapkan di satuan pendidikan yang lebih tinggi misal di Sekolah Menengah Pertama atau Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan media pembelajaran puzzle tangram terhadap prestasi belajar siswa dan seberapa besar persentase peningkatan prestasi belajar siswa kelas 7B SMP Negeri 5 Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terbagi menjadi beberapa siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas 7B SMP Negeri 5 Bangkalan sebanyak 24 siswa dengan 5 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan prestasi belajar siswa kelas 7B SMP Negeri 5 Bangkalan dapat ditingkatkan dengan menggunakan media pembelajaran puzzle tangram untuk materi keliling dan luas segi empat. Terlihat dari hasil evaluasi siklus I dan siklus II terjadi peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 6,62%.

                  Item Type: Thesis (Other)
                  Subjects: Q Science > QA Mathematics
                  Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                  Depositing User: b b abdaziz
                  Date Deposited: 28 Nov 2017 16:22
                  Last Modified: 28 Nov 2017 16:22
                  URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1634

                  Actions (login required)

                  View Item