UMSurabaya Repository

NILAI-NILAI PEMBELAJARAN YANG TERKANDUNG DALAM AL-QUR’AN SURAT YUSUF AYAT 36-42

Wahyuningsih, Indah and Dr. M. Arfan Muammar, , M.Pd.I (2015) NILAI-NILAI PEMBELAJARAN YANG TERKANDUNG DALAM AL-QUR’AN SURAT YUSUF AYAT 36-42. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendauhluan)
Download (549Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (325Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (374Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (505Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (226Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (149Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (691Kb)

                Abstract

                Tujuan pewahyuan ayat-ayat Alquran yang berisi cerita tentang umat sebelumnya adalah sebagai ibrah / pelajaran bagi umat sesudahnya (ummat nabi Muhammad). Salah satu cerita yang ada di dalam Al Qur'an adalah kisah Nabi Yusuf. Banyak orang yang mengetahui kisah Nabi Joseph terbatas pada keindahan ceritanya tanpa mengetahui hikmat dan ibrah dalam perjuangannya dalam berkhotbah dan menjalankan tugasnya sebagai utusan, yang juga sarat dengan nilai pembelajaran. Oleh karena itu perlu dijelajahi dan hikmat ibrah yang terkandung dalam cerita, terutama nilai pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi nilai pembelajaran yang terdapat dalam kisah Yusuf, yang dapat dicontohkan oleh pendidik (guru) dalam memberikan instruksi kepada peserta didik (siswa). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang merupakan studi literatur dengan teknik analisis non statistik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, yaitu dengan meninjau buku-buku tafsir khususnya interpretasi huruf Yusuf ayat 36-42, serta buku-buku yang memiliki relevansi dengan topik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada nilai pembelajaran yang terkandung dalam kisah Yusuf sebagai contoh yang bisa digunakan oleh pendidik dan diimplementasikan dalam proses belajar mengajar. Nilai-nilai itu juga konsisten dengan apa yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad dalam memberikan instruksi kepada para sahabat dan orang-orang disekitarnya. Nilai belajar termasuk: merebut peluang, mengekspresikan dengan jelas, memungkinkan untuk perbandingan, dikatakan lebih dari sekedar bertanya dan mempertimbangkan kondisi para siswa. Saran untuk orang tua dan pendidik, biarkan membekali anak mereka dengan pendidikan sesuai dengan tuntunan dan ajaran Alquran, serta memahami ayat-ayat Alquran melalui studi mendalam. Kata kunci: Ibrah cerita sebagai Nabi Yusuf, proses belajar mengajar, nilai belajar.

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
                Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
                Depositing User: b b basit
                Date Deposited: 28 Nov 2017 16:24
                Last Modified: 28 Nov 2017 16:24
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1636

                Actions (login required)

                View Item