UMSurabaya Repository

IMPLEMENTASI METODE SKRIP KOOPERATIF DENGAN PEMANFAATAN MEDIA “BEBIBULAN” DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP WAHID HASYIM PRAMBON-SIDOARJO

Atiqo, Jummatul and Dra. Chusnal Ainy, M.Pd. and Wahyuni Suryaningtiyas, Si., M.Si (2013) IMPLEMENTASI METODE SKRIP KOOPERATIF DENGAN PEMANFAATAN MEDIA “BEBIBULAN” DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP WAHID HASYIM PRAMBON-SIDOARJO. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (388Kb) | Preview
    [img] PDF (BAB 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (178Kb)
      [img] PDF (BAB 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (409Kb)
        [img] PDF (BAB 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (524Kb)
          [img] PDF (BAB 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (249Kb)
            [img] PDF (BAB 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (288Kb)
              [img] PDF (BAB 6)
              Restricted to Repository staff only

              Download (171Kb)
                [img] PDF (LAMPIRAN)
                Restricted to Repository staff only

                Download (2112Kb)

                  Abstract

                  Kata Kunci: Metode skrip kooperatif, media BEBIBULAN, meningkatkan, prestasi belajar. Kriteria ketuntasan minimum (KKM) SMP Wachid Hasyim 10 Sidoarjo untuk mata pelajaran matematika kelas VII adalah 70. Permasalahannya adalah rata-rata nilai Ulangan Harian (UH) kelas VII hanya 64,65 dari 44 siswa yang tuntas hanya 24 siswa sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 20 siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi kurangnya prestasi belajar siswa adalah kegiatan pelajaran yang masih berpusat pada guru, sehingga membuat siswa pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar prosentase peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Wachid Hasyim 10 Sidoarjo dengan metode skrip kooperatif berbantuan media BEBIBULAN. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas adalah suatu penelitian berupa tindakan yang dilakukan di kelas dengan tujuan memperbaiki proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Wachid Hasyim 10 Sidoarjo. Sedangkan kelas VII-B sebagai kelas uji data untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen sebelum diujikan pada subjek penelitian. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan nilai hasil belajar matematika siswa kelas VII A SMP Wachid Hasyim 10 Sidoarjo dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode skrip kooperatif. Terlihat dari nilai awal yaitu nilai UH ke siklus I rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 73,02 dan dari siklus I ke siklus II rata-rata nilai siswa meningkat lagi menjadi 83,63.

                  Item Type: Thesis (Other)
                  Subjects: Q Science > QA Mathematics
                  Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                  Depositing User: b b abdaziz
                  Date Deposited: 28 Nov 2017 16:26
                  Last Modified: 28 Nov 2017 16:26
                  URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1638

                  Actions (login required)

                  View Item