UMSurabaya Repository

EVALUASI PENERAPAN PSAK 107 DALAM PERLAKUAN AKUNTANSI PEMBIAYAAN GADAI EMAS PADA PT. BANK BNI SYARIAH, Tbk. CABANG DHARMAWANGSA

Sa’diyah, Halimatus and Drs. Ec. Ezif Moh. Fahmi W, Ak and Dr. Didin Fatihudin, SE, M.Si (2014) EVALUASI PENERAPAN PSAK 107 DALAM PERLAKUAN AKUNTANSI PEMBIAYAAN GADAI EMAS PADA PT. BANK BNI SYARIAH, Tbk. CABANG DHARMAWANGSA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (2072Kb) | Preview
    [img] PDF (BAB 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (348Kb)
      [img] PDF (BAB 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (2178Kb)

        Abstract

        Penelitian ini mengkaji tentang gadai emas syariah (Rahn) yang merupakan penyerahan jaminan/hak penguasaan secara fisik atas barang berharga berupa emas (lantakan) kepada bank sebagai jaminan atas pembiayaan (qardh) yang diterima. Ketika barang dilelang. Pada gadai konvensional, seluruh hasil lelang sepenuhnya milik penerima gadai. Sementara dibank syariah, kelebihan nilai dari hasil lelang atas barang jaminan tersebut akan dikembalikan kepada pemilik barang (rahin). Penelitian ini bertujuan: kesesuaian perlakuan akuntansi atas pembiayaan gadai syariah emas Bank BNI Syari’ah dengan PSAK 107(akad ijarah). Kesesuaian gadai syari’ah emas diBank BNI Syari’ah dengan Fatwa DSN-MUI No.26/DSN-MUI/ III/ 2002. Tingkat pengembalian keuntungan dari pendapatan pembiayaan gadai syari’ah (rahn). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif exploratif. Data diperoleh melalui wawancara dengan pihak bank yaitu customer service bank di bidang gadai maupun dokumentasi-dokumentasi dari pihak bank. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan akuntansi yang menyangkut pengakuan dan pengukuran, pengakuan pendapatan, penyajian dan pengungkapan laporan keuangan pembiayaan gadai syariah pada BNI Syariah berpedoman pada Fatwa DSN-MUI No.26/DSN-MUI/III/2002 dengan akad pendamping yaitu akad ijarah. PT. Bank BNI Syari’ah telah menjalankan pedoman akuntansi PSAK 107, dan telah sesuai dengan penerapan Fatwa DSN- MUI No.26/DSN-MUI/III/2002. Tingkat pengembalian keuntungan dari pendapatan pembiayaan gadai syari’ah (rahn) untuk tahun 2010 ke tahun 2011 mengalami peningkatan dengan persentase dari 0,31% menjadi 1,14%, begitu pula untuk jumlah nominal dari pembiayaan yang disalurkan ke masyarakat juga terjadi peningkatan yang signifikan. Kata Kunci: PSAK 107, Akuntansi Biaya Gadai Emas , Perbankan Syariah.

        Item Type: Thesis (Other)
        Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
        H Social Sciences > HG Finance
        Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
        Depositing User: b b putri
        Date Deposited: 07 Nov 2017 15:12
        Last Modified: 07 Nov 2017 15:12
        URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/164

        Actions (login required)

        View Item