UMSurabaya Repository

PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS X MIA 4 DI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA

Liska Trisnawati, Dewi and Dr. M. Arfan Mu’ammar , M.Pd.I (2015) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS X MIA 4 DI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (387Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (312Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (172Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (177Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (511Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (51Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (1211Kb)

                Abstract

                Kata Kunci : Tingkat Pendidikan, Hasil Belajar, PAI Telah kita ketahui bersama bahwa pendidikan yang ada pada keluarga merupakan pendidikan pertama dan utama, lembaga pendidikan disekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang hakikatnya dipercaya oleh orang tua untuk mendidik anaknya dengan tanggung jawab yang lebih terbatas. Tinggi rendahnya tingkat pendidikan yang dimiliki oleh orang tua akan berpengaruh terhadap bagaimana cara menilai sesuatu. Oleh karena itu tingkat pendidikan orang tua dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi, jelas akan menentukan kemampuanya dalam mendidik anak-anaknya. Maka secara garis besar dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat pendidikan formal yang dimiliki orang tua akan semakin baik pula dalam mendidik anaknya. Berdasarkan latar belakang yang telak dikemukakan diatas, maka rumusan masalah yang ingin diungkap dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah tingkat pendidikan formal orang tua siswa kelas X MIA 4 di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya?, (2) Bagaimanakan hasil belajar PAI siswa kelas X MIA 4 di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya?, (3) Adakah pengaruh tingkat pendidikan formal orang tua terhadap hasil belajar PAI siswa kelas X MIA 4 di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya?. Dalam penelitian ini, penulis mnggunakan metode pengumpulan data dengan cara : (1) observasi, (2) Interview, (3) Kuesioner/ Angket, (4) Dokumentasi, dan untuk pengujian hipotesis penulis menggunakan analisa data kuantitatif dengan rumus product moment. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa : (1) tingkat pendidikan formal orang tua siswa kelas X MIA 4 di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya mayoritas berpendidikan tinggi, yakni ayah mencapai 80% dan ibu 75% dari 36 responden yang dijadikan objek penelitian, (2) dari hasil penelitian bahwa hasil belajar PAI siswa kelas X MIA 4 di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya tergolong cukup baik, (3) berdasarkan hasil perhitungan analisis dengan menggunakan rumus r product moment diperoleh angka korelasi 0,298807152 atau di sederhanakan 0,30, dan dari angka korelassi tersebut dapat diketahui bahwa tingkat pendidikan formal orang tua siswa kelas X MIA 4 di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya mempunyai pengaruh yang rendah. Berdasarkan kesimpulan diatas dapat dipahami bahwa tidak ada pengaruh tingkat pendidikan formal orang tua terhadap hasil belajar studi PAI siswa kelas X MIA 4 di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya Tahun Ajaran 2014/2015.

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
                Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
                Depositing User: b b basit
                Date Deposited: 28 Nov 2017 16:45
                Last Modified: 28 Nov 2017 16:45
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1645

                Actions (login required)

                View Item