UMSurabaya Repository

PENERAPAN STRATEGI STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII-D PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 4 SURABAYA

Sholeh, Sholeh and Rusman, , M.P.d.I (2015) PENERAPAN STRATEGI STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII-D PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 4 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (444Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (216Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (330Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (469Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (407Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (180Kb)
              [img] PDF (Bab 6)
              Restricted to Repository staff only

              Download (83Kb)
                [img] PDF (Lampiran)
                Restricted to Repository staff only

                Download (180Kb)

                  Abstract

                  Allah menciptakan manusia dengan potensi dan karakternya yang unik. Setiap individu juga akan berkembang seiring dengan pengalaman yang telah ia lalui. Bahkan manusia dalam filsafat pendidikan adalah aktif karena mereka membangkitkan gagasan dari dalam dirinya sendiri. Namun keaktifan siswa kelas VIII-D di SMP Muhammadiyah 4 masih belum nampak. Hal ini terjadi karena pembelajaran yang dilakukan belum mengarah pada Student-centred sehingga siswa lebih suka menerima materi apa adanya di kelas sehingga membuat mereka pasif di kelas. Siswa juga kurang siap dalam menerima materi, dan pembelajaran yang dilakukan masih belum bervariasi. Ditambah lagi dengan pembelajaran yang dipilih dalam penelitian ini adalah strategi Student Faciliator and Explaining. Tugas para siswa adalah mencari informasi sendiri mengenai materi yang akan dipelajari di kelas sesuai dengan kisi-kisi yang diberikan oleh peneliti. Dalam mencari informasi siswa diperkenankan untuk kerja kelompok. Dan siswa mempresentasikan hasil kerjanya kepada teman-teman di kelas sementara siswa lain boleh menaggapi atau menambahkan idenya. Siswa diberi kesempatan yang seluas-luasnya untuk berpendapat, bertanya maupun menjawab pertanyaan peneliti. Siswa juga bisa menggunakan media apapun untuk memfasilitasi belajarnya. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi Student Facilitator And Explaining yang dapat meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa kelas VIII-D pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 4, dan mengetahui bagaimana suasana pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII-D SMP Muhammadiyah 4 setelah diterapkannya strategi Student Facilitator And Explaining. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Tahapan penelitian mengikuti teori Kemmis dan Mc Taggart yaitu berupa suatu siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan melalui lembar observasi. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif kualitatif. Sedangkan data yang bersifat kuantitatif dianalisis dengan menggunakan rumus: X = ∑ X N Keterangan: - X = rata-rata nilai ΣX = Jumlah nilai N = Jumlah siswa Hasil dari penelitian yang telah dilakukan penulis adalah dengan menerapkan strategi Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa kelas VIII-D SMP Muhammadiyah 4 pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini ditandai dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar siswa dari 72,83 pada siklus I, 78,8 pada siklus II, dan 82,97 pada siklus III. Dan ketuntasan hasil belajar siswa secara bertahap meningkat dari 76,67% pada siklus I, 83,33% pada siklus II, dan 90% pada siklus III. Keaktifan siswa juga mengalami peningkatan dari 43,3% pada siklus I, meningkat menjadi 56,7% pada siklus II, dan pada siklus III keaktifan siswa mencapai 70%. Kondisi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menerapkan strategi Student Facilitator and Explaining adalah pembelajaran PAI di kelas terlaksana dengan menarik, dan siswa kelas VIII-D memiliki partisipasi yang baik dalam setiap pembelajaran. Kata Kunci: Strategi Student Facilitator and Explaining, keaktifan, Pemahaman, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

                  Item Type: Thesis (Other)
                  Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
                  Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
                  Depositing User: b b basit
                  Date Deposited: 28 Nov 2017 16:56
                  Last Modified: 28 Nov 2017 16:56
                  URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1652

                  Actions (login required)

                  View Item