UMSurabaya Repository

Penerapan Metode Tajdied dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas IB SD Muhammadiyah 6 Gadung

Sulaiman, M. Ardiansyah I. (2015) Penerapan Metode Tajdied dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas IB SD Muhammadiyah 6 Gadung. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (459Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (563Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (526Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (496Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (874Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (172Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (340Kb)

                Abstract

                Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca siswa Al Qur'an di SD Muhammadiyah 6 Gadung yang memiliki karakteristik berbeda. SD Muhammadiyah 6 Gadung telah menerapkan beberapa metode pembelajaran Alquran, namun kenyataan yang terjadi di lapangan menunjukkan hasil yang tidak memuaskan. SD Muhammadiyah 6 Gadung membuat metode Tajdied sebagai metode selanjutnya. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode tajdied ini adalah metode pembelajaran Alquran yang praktis, efektif, dan efisien bagi siswa khususnya siswa kelas IB. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan membaca siswa Alquran sebelum dan sesudah menggunakan tajdied. Penelitian ini bersifat kualitatif-deskriptif. Data dikumpulkan oleh observasi partisipan, wawancara / wawancara, dan dokumentasi / teknik dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pre-test didominasi oleh siswa yang kurang baik sedangkan hasil post test menunjukkan hasil positif karena didominasi oleh siswa saat ini yang menunjukkan bahwa penerapan metode tajdied mampu menimbulkan kemampuan. untuk membaca siswa kelas 6 SD Muhammadiyah 6 gadung.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: Implementasi Tajdied, read the Qur'an instudent
                Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
                Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
                Depositing User: b b basit
                Date Deposited: 28 Nov 2017 17:01
                Last Modified: 25 Jul 2018 12:17
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1653

                Actions (login required)

                View Item