UMSurabaya Repository

PENGARUH EDUKASI KESEHATAN DENGAN MEDIA STIKER BERGAMBAR TENTANG CUCI TANGAN BERSIH TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK CUCI TANGAN ANAK TUNAGRAHITA

Tonisiyah, Ira and Nur Mukarromah, SKM, M.Kes and Siti Aisyah, S.Kep.,Ns.,M.Kes (2016) PENGARUH EDUKASI KESEHATAN DENGAN MEDIA STIKER BERGAMBAR TENTANG CUCI TANGAN BERSIH TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK CUCI TANGAN ANAK TUNAGRAHITA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (351Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (159Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (743Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (332Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (223Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (86Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (5Mb)

                Abstract

                Kurangnya peran SLB-C di wilayah Surabaya dalam memberikan edukasi kesehatan tentang cuci tangan bersih mengakibatkan rendahnya perilaku cuci tangan anak-anak tunagrahita. Sehingga, perlu dibuat sebuah media edukasi dengan stiker bergambar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Edukasi Kesehatan Dengan Media Stiker Bergambar Tentang Cuci Tangan Bersih Terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Praktik Cuci Tangan Anak Tunagrahita. Desain penelitian pre-experimental one group pre-post test. Jumlah populasi 137 dan didapatkan sampel 54 dengan teknik probability cluster random sampling. Instrument yang digunakan yaitu lembar observasi menggunakan uji statistik Wilcoxon Signed Rank Test untuk pengetahuan dan praktik serta lembar kuisioner menggunakan uji statistik Chi Square untuk sikap. Hasil penelitian menunjukkan sebelum mendapatkan intervensi sebagian besar pengetahuan, sikap, dan praktik responden secara berurutan yaitu 19 responden (47,5%) cukup, 29 responden (72,5%) negatif, dan 18 responden (45%) cukup, tetapi sesudah mendapatkan intervensi sebagian besar pengetahuan, sikap, dan praktik responden secara berurutan yaitu 26 responden (65%) baik, 31 responden (77,5%) positif, 22 responden (55%) baik, dengan hasil analisa Uji Wilcoxon Signed Rank Test pada pengetahuan maupun praktik yaitu p = 0,000 < = 0,05 dan uji Chi Square pada sikap yaitu p = 0,001 < = 0,05. Hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan bahan edukasi kesehatan yang berkelanjutan di lingkungan pendidikan luar biasa bagi anak-anak tunagrahita. Kata Kunci : Edukasi Kesehatan, Stiker Bergambar, Tunagrahita

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
                R Medicine > RT Nursing
                Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
                Depositing User: ika
                Date Deposited: 29 Nov 2017 11:39
                Last Modified: 29 Nov 2017 11:39
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1693

                Actions (login required)

                View Item