UMSurabaya Repository

HUBUNGAN ANTARA MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP PUSKESMAS GRUJUGAN BONDOWOSO

Heryanto, Dafir Dwi and Fahrun Nur Rosyid, S.Kep., Ns., M.Kes. and Pipit Festi W., S.KM., M.Kes. (2011) HUBUNGAN ANTARA MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP PUSKESMAS GRUJUGAN BONDOWOSO. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (405Kb)
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (158Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (198Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (101Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (243Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (179Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (417Kb)

                Abstract

                Salah satu kesulitan dalam merumuskan pengertian mutu layan kesehatan adalah karena mutu layanan kesehatan itu sangat melekat dengan faktor-faktor subjektifitas orang yang berkepentingan, baik pasien, pemberi layanan kesehatan (provider), penyandang dana, masyarakat ataupun pemilik sarana layanan kesehatan. Kepuasan pelanggan merupakan evaluasi purna beli dimana alternatif yang dipilih sekurang-kurangnya sama atau melampaui harapan pelanggan, sedangkan ketidakpuasan timbul apabila hasil (out come) tidak memenuhi harapan. Kepuasan pelanggan sangat dipengaruhi oleh mutu pelayanan keperawatan. Untuk meningkatkan mutu keperawatan, maka kinerja perawat dalam memberikan pelayan kesehatan harus ditingkatkan juga. Adapun faktor yang mempengaruhi pelayanan kesehatan antara lain struktur, proses, dan output. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampling yang digunakan sebanyak 34 responden. Data dikumpulkan dengan cara kuisioner, dianalisis dengan uji Spearman Rank, ditabulasi dan dipresentasikan dalam bentuk tabel dan narasi. Hasil penelitian yaitu sebagian besar mutu pelayanan keperawatan dalam kategori tidak baik sebanyak 20 responden (58,8%), dan sebagian besar tingkat kepuasan pasien dalam kategori kurang puas sebanyak 20 responden (58,7%). Dari hasil analisa statistik dengan uji Spearman Rank menggunakan SPSS 16 didapatkan nilai ρ = 0,003 ≤ α = 0,05 berarti H0 ditolak dan H1 diterima artinya ada hubungan antara mutu pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien. Dengan adanya penelitian ini diharapkan pada perawat untuk dapat meningkatkan lagi mutu pelayanan keperawatan agar tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan lebih meningkat lagi. Kata Kunci : mutu pelayanan keperawatan, kepuasan pasien

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: R Medicine > RT Nursing
                Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 21 Dec 2017 12:36
                Last Modified: 21 Dec 2017 12:36
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1803

                Actions (login required)

                View Item