UMSurabaya Repository

PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PRODI PG PAUD FKIP UM SURABAYA

Martati, Badruli and Hendarwati, Endah and Wahono, Wahono and Febrianti, Nur Indah and Aris Setiawan, Aris (2013) PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PRODI PG PAUD FKIP UM SURABAYA. Didaktis : Jurnal Pendidikan , 13 (3). pp. 77-84. ISSN 1412-5889

[img]
Preview
PDF
Download (4Mb) | Preview

    Abstract

    Pembelajaran yang dilaksanakan dimana peran dosen sangat dominan membawa dampak pada kurang mandirinya mahasiswa. Kondisi tersebut tidak sesuai dengan konsep tentang diri peserta didik sebagai pebelajar andragogi, dimana mahasiswa telah mampu mengarahkan diri sendiri, mempunyai pengalaman beragam, siap belajar sebagai akibat dari posisinya dalam transisi perkembangan, menyenangi pembelajaran problem-centered atau performance-centered. Penerapan pembelajaran Student Active Learning (SAL), dipandang sesuai untuk pebelajar andragogi, disamping itu dapat pula disisipkan pendidikan karakter untuk meningkatkan kemandirian dan kompetensi mahasiswa. Melalui Lesson Study kegiatan pebelajaran SAL dapat diaplikasikan dengan memberikan muatan karakter untuk meningkatkan kemandirian dan kompetensi mahasiswa. Oleh karena Lesson Study bersifat positif bagi mahasiswa dan dosen yang nampak pada sikap dosen yang mau mengkoreksi diri sendiri, terbuka terhadap orang luar, mau mengakui kesalahan, mau memakai ide orang lain dan mau memberi masukan yang jujur dan enuh respek. Kata kunci : lesson study, pembelajaran, andragogi, karakter

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
    Date Deposited: 08 Feb 2018 16:30
    Last Modified: 28 Feb 2018 17:53
    URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1885

    Actions (login required)

    View Item