UMSurabaya Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH 15 SURABAYA

Ningsih, Titik Widiyah and Dra. Chusnal Ainy, M. Pd and Agus Solikin , S.Pd. M. Si (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH 15 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (219Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (264Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (180Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (286Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (529Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (84Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (840Kb)

                Abstract

                Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pealajaran Matematika Materi Sifat-sifat Bangun Datar Di Kelas V SD Muhammadiyah 15 Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surabaya. Pembimbing I: Dra. Chusnal Ainy, M.Pd, Pembimbing II: Agus Solikin, S.Pd. M.Si. Rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika merupakan permasalahan yang terjadi di kelas V SD Muhammadiyah 15 Surabaya. Adapaun salah satu penyebabnya adalah dalam pelaksanaan pembelajaran adalah selalu berpusat pada guru. Adapaun tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 15 Surabaya dalam pembelajaran matematika. (2) Mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam tentang proses pembelajaran dan hasil belajar siswa yang terkait dengan materi-materi bangun datar . Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah. Pada siklus I persentase ketuntasan sebesar 77,78% dan siklus II 94,44%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar di kelas V SD Muhammadiyah 15 Surabaya. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa maka disarankan agar dalam pembelajaran matematika menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar.

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: Q Science > QA Mathematics
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: b b abdaziz
                Date Deposited: 07 Nov 2017 16:35
                Last Modified: 07 Nov 2017 16:48
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/195

                Actions (login required)

                View Item