UMSurabaya Repository

ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN PPOK DENGANMASALAH KETIDAKEFEKTIFAN BERSIHAN JALAN NAFAS DI RUMAHSAKIT ISLAM DARUS SYIFA’ BENOWO SURABAYA

Gadis Puji Rahayu, Lintang and Nur Mukarromah, SKM, M.Kes and Fatin Lailatul B, S Kep., Ns., M Kep (2016) ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN PPOK DENGANMASALAH KETIDAKEFEKTIFAN BERSIHAN JALAN NAFAS DI RUMAHSAKIT ISLAM DARUS SYIFA’ BENOWO SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (344Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (171Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (872Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (161Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (302Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (93Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (4Mb)

                Abstract

                Kejadian kambuh pada COPD tetap tinggi karena sampai saat ini penyakit ini tidak bisa disembuhkan namun hanya bisa dikontrol dengan perawatan di rumah sakit. Bisa memperburuk fungsi paru dan keterbatasan aliran udara secara progresif, terutama saat kadaluarsa dan komplikasi, hal itu juga bisa terjadi gangguan pernafasan dan jantung. Ketidakefektifan jalan napas adalah masalah utama yaitu penyempitan jalan nafas yang disebabkan oleh meningkatnya produksi sputum, dan akan menyulitkan bernafas. Tujuan dari studi kasus ini adalah untuk mengetahui dan memperoleh pengalaman nyata dalam penelitian diagnostik medis dengan Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) di Rumah Sakit Darus Syifa Benowo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dalam bentuk studi kasus proses asuhan keperawatan yang meliputi penilaian perencanaan diagnosis, implementasi dan evaluasi keperawatan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, penilaian fisik dan dokumentasi rekam medis. Studi kasus pada pasien pertama dan kedua menemukan bahwa ketidakefektifan jalan napas sebagai masalah utama. Setelah tindakan menyusui mengajarkan cara batuk secara efektif, kedua klien menunjukkan bahwa sekresi mudah hilang dan asma juga mulai menurun. Pada klien pertama ditandai dengan penurunan suara ronchi dan wezing dan untuk klien kedua. Kesimpulan dari studi kasus ini, ada perubahan asma yang signifikan setelah tindakan menyusui tersebut mengajarkan kepada klien bagaimana cara batuk secara efektif dan memberi makan semi fowler serta memberi O2 untuk menangani klien saat penderita asma datang. Dan permasalahan tersebut terselesaikan sesuai dengan tujuan dan hasil yang diharapkan dengan menggunakan pendekatan asuhan keperawatan. Kata kunci: Keperawatan PPOK dengan masalah utama ketidak efektifan pembersihan jalan nafas.

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: R Medicine > RT Nursing
                Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 Keperawatan
                Depositing User: b b basit
                Date Deposited: 07 Nov 2017 16:35
                Last Modified: 07 Nov 2017 16:35
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/196

                Actions (login required)

                View Item