UMSurabaya Repository

EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMPN 1 KRIAN

HARDINA, RETNO and Drs. WUDJUD, SD, M.Pd and SHOFFAN SHOFFA, S.Pd.,M.Pd (2014) EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMPN 1 KRIAN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (99Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (58Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (128Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (75Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (64Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (51Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (1358Kb)

                Abstract

                Hardina, Retno. 2014 Efektivitas Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Matematika Di SMPN 1 Krian . Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surabaya. Pembimbing I: Drs. Wudjud SD, M.Pd., Pembimbing II: Shoffan Shoffa S.Pd.,M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini tentang pendekatan saintifik yang merupakan metode yang diterapkan pada kurikulum terbaru 2013 telah berjalan selama 1 tahun. Keingintahuan kami untuk mengetahui sejauh mana efektivitas pembelajaran melalui Pendekatan Saintifik ini mendorong kami mengadakan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan efektifitas Pendekatan Saintifik di kelas VIIA SMPN 1 Krian. Pada penelitian ini menggunakan materi Statistika dan Peluang. Pendekatan yang dilakukan merupakan inti dari kurikulum terbaru yaitu kurikulum 2013. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMPN 1 Krian.Skripsi ini, akan membahas tentang bagaimana deskripsi efektifitas penerapan pembelajaran dengan pendekatan saintifik jika ditinjau dari empat aspek yaitu aktivitas guru, aktifitas siswa, respon siswa, dan hasil prestasi yang dicapai siswa pada sa’at proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika kelas VIIA yang dilaksanakan dengan pendekatan saintifik terbukti efektif ditinjau dari empat aspek. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik (aktivitas 7m), prestasi belajar matematika

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: Q Science > QA Mathematics
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: b b abdaziz
                Date Deposited: 07 Nov 2017 16:57
                Last Modified: 07 Nov 2017 16:57
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/203

                Actions (login required)

                View Item