UMSurabaya Repository

Pengembangan Bahan Ajar Cerita Pendek dengan Pendekatan Quantum Learning untuk Meningkatkan Literasi Bahasa Siswa Kelas VI di SDN Bulak Banteng I Surabaya

Riawan, Riawan (2017) Pengembangan Bahan Ajar Cerita Pendek dengan Pendekatan Quantum Learning untuk Meningkatkan Literasi Bahasa Siswa Kelas VI di SDN Bulak Banteng I Surabaya. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (343Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (121Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (165Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (145Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (631Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (91Kb)

              Abstract

              Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil analisis kebutuhan bahan ajar untuk melatih Ketrampilan menulis cerpen agar meningkatkan literasi bahasa siswa kelas VI SDN Bulak Banteng I Surabaya Produk bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan sekolah dasar yang dispesifikan pada ketrampilan siswa menulis cerita pendek dapat meningkatkan literasi bahasa siswa kelas VI SDN Bulak Banteng I. Surabaya.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan bahan ajar. Subyek pengembangan adalah 2 orang pakar ahli, 2 orang guru sebagai pengguna, dan 30 siswa sebagai uji coba terbatas siswa. Obyeknya adalah pengembangan bahan ajar berupa ketrampilan menulis cerpen, agar meningkatkan literasi bahasa siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah Angket, Wawancara, dan tes. Tehnik analisis data digunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Pengembangan bahan ajar dilakukan dengen mendesain Produk yang berjudul `Ayo Menulis Cerpen Melalui Tehnik Quantum Learning’. Produk ini divalidasi oleh 2 orang pakar ahli, 2 orang guru sebagai pengguna dengan menghasilkan data deskriptif sebagai dasar untuk mendesain produk Baru hasil revisi sesuai dengan kelayakan, kemudian mengahasilkan produk baru berjudul ‘Menulis Cerpen Melalui Quantum Learning’. Kegiatan penelitian menghasilkan data skor rata rata validasi 2 orang pakar ahli, dan 2 orang guru bahasa Indonesia serta uji coba 30 siswa terbatas, pada aspek isi/materi,aspek penyajian, aspek bahasa, aspek kegrafikan, adalah 4,21 denhgan prosentase 84,2 % yang dikategorikan SANGAT BAIK. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa Produk bahan ajar menulis cerpen melalui Quantum Learning dinyatakan efektif dan praktis, layak dipakai untuk Bahan Ajar di SDN Bulak Banteng I. SURABAYA.

              Item Type: Thesis (Masters)
              Uncontrolled Keywords: Produk bahan ajar, Validasi ahli dan guru, Uji coba siswa terbatas, Efektif, pratis dan layak
              Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
              P Language and Literature > PZ Childrens literature
              Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
              Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
              Date Deposited: 25 Feb 2018 10:30
              Last Modified: 23 Jul 2018 11:51
              URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2111

              Actions (login required)

              View Item