UMSurabaya Repository

Pengaruh Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa Kelas I SDN Batangan 02 Bangkalan Tahun Pelajaran 2016/2017

Susanti, Dewi (2017) Pengaruh Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa Kelas I SDN Batangan 02 Bangkalan Tahun Pelajaran 2016/2017. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (292Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (128Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (144Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (166Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (369Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (77Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (8Mb)

                Abstract

                Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti dilakukan pada tahun ajaran 2016/2017 semester 2 yaitu pada tanggal 16 Januari 2017 di SDN Batangan 02 Bangkalan, Dari 20 siswa kelas I SDN Batangan 02, hanya 8 anak yang mampu bercerita dengan baik, 10 anak yang belum mampu bercerita dengan baik, dan 2 anak tidak mampu bercerita sama sekali. Dari latar belakang diatas maka rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain : 1. Bagaimanakah kemampuan bercerita sebelum menggunakan media gambar seri siswa kelas I SDN Batangan 02 Bangkalan tahun pelajaran Tahun Pelajaran 206/2017.? 2.Bagaimanakah kemampuan bercerita sesudah menggunakan media gambar seri siswa kelas I SDN Batangan 02 Bangkalan tahun pelajaran 206/2017 ? 3.Bagaimanakah pengaruh menggunakan media gambar seri terhadap kemampuan bercerita siswa kelas I SDN Batangan 02 Bangkalan tahun pelajaran 206/2017 ? Teori yang digunakan : Menurut (Burhan Nurgiyantoro, 2001: 278), ada beberapa bentuk tugas kegiatan berbicara yang dapat dilatih untuk meningkatkan dan mengembangkan keterampilan bercerita pada siswa, Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain eksperimen pretest-posttest Eqiuvalent Group Design. Sampel penelitian ini adalah kelas IA dan IB yang masing-masing berjumlah 10 siswa. analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. sebelum menggunakan gambar seri didapatkan hasil yang masih kurang dimana pada hasil pretest diapatkan nilai rata-rata pada kelas control sebsar 58.00 sedangkan hasil rata-rata pada siswa kelas eksperimen didapatkan nilai sebesar 57.00. dimana dari kedua kelas tanpa penggunaan media pembelajaran masih didapatkan nilai yang kurang dimana siswa kurang antusias dalam bercerita. 2. Sesudah menggunakan gambar seri Proses pembelajaran kelas control dan kelas eksperimen didapatkan kenaikan nilai pada keterampilan bercerita pada siswa kelas I. Dimana pada kelas control didapatkan nilai rata-rata 76.00 sedangkan pada kelas ekperimen didapatkan nilai rata-rata 90.00. 3. Bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan bercerita siswa kelas 1 SDN Batangan 2 Bangkalan tahun 2016/2017.

                Item Type: Thesis (Masters)
                Uncontrolled Keywords: Media Gambar Seri, Kemampuan Bercerita, Sekolah dasar
                Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
                Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 25 Feb 2018 13:11
                Last Modified: 23 Jul 2018 12:35
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2124

                Actions (login required)

                View Item