UMSurabaya Repository

PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 4 SURABAYA

WULAN SARI, DIAH and Dra. Chusnal Ainy, M.Pd. and Soffhan Shoffa, S.Pd, M.Pd (2015) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 4 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (391Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (172Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (235Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (235Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (433Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (197Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (6Mb)

                Abstract

                Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa dalam mata pelajaran matematika, banyak siswa yang mengikuti bimbingan belajar namun rata-rata prestasi belajar matematika siswa belum sepenuhnya terpenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar bagi siswa kelas VIII yang mengikuti bimbingan belajar dan yang tidak mengikuti bimbingan belajar. Penelitianiniadalah penelitian deskriptif kuantitatif.Dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 4 Surabaya. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIC yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data diperoleh dengan cara memberikan tes dan memberikan angket respon siswa yang mengikuti bimbingan belajar diluar jam sekolah. Selanjutnya dianalisis menggunakan analisis Uji Normalitas, untuk menguji kenormalan distribusi dapat digunakan dengan Uji Kolmogorov-Smirnov dan analisis Uji-t. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas dikatakan berdistribusi normal, hal ini dapat dilihat dari nilai Z_(hitung ) dengan taraf signifikan 0,05 adalah 0,797. Sedangkan nilai kritis Z dengan tarafnyata 0,05 adalah 1,96. Karena〖 Z〗_tabel= 1,96>Z_(hitung )= 0,797. Kemudian pada uji t-Testdiperoleh bahwa nilai t_hitung adalah 2,295. Dengan nilai kritis tuntuk taraf signifikan adalah 0,05 dandf = 28adalah 1,701. Karenat_tabel<t_hitungatau 1,701< 2,295 maka dapat disimpulkan bahwa H_(0 )ditolak dan H_1diterima. Artinya terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mengikuti bimbingan belajar dan siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar. Kata Kunci: BimbinganBelajar, prestasibelajar

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: Q Science > QA Mathematics
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
                Depositing User: b b abdaziz
                Date Deposited: 07 Nov 2017 17:24
                Last Modified: 07 Nov 2017 17:24
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/213

                Actions (login required)

                View Item