UMSurabaya Repository

PENGARUH KETERAMPILAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Diah Anggraini, Vivi and Wahyuni Suryaningtyas, S.Si, M.Si and Dra. Chusnal Ainy, M.Pd and Shoffan Shoffa, S.Pd, M.Pd (2015) PENGARUH KETERAMPILAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (406kB) | Preview
[img] PDF (Bab 1)
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab 2)
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih ada beberapa guru yang hanya beracuan pada “angka” sebagai nilai rill hasil belajar siswa. Kurangnya perhatian guru dalam menumbuhkan keterampilan metakognitif siswa, yang pada akhirnya menyebabkan siswa hanya berpikiran bahwa sekolah hanyalah rutinitas biasa tanpa menyadari manfaat/tujuan yang diperoleh disetiap proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan dari penggunaan keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar siswa melalui model Problem Based Learning (PBL), serta untuk mengetahui tingkat metakognitif siswa setelah diberikan pembelajaran dengan menggunakan model PBL. Penelitian ini termasuk pada penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian dilakukan di SMP DR. Soetomo Surabaya. Sampel dalam penelitian adalah kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, 1) keterampilan metakognitif berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, hal ini terlihat dari hasil analisis regresi linear sebesar 86,4 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain ; 2) Mayoritas pencapaian metakognitif siswa berada pada tingkat/level Strategic Use yakni sebesar 44,44% ; 3) Penggunaan keterampilan metakognitif dengan model Problem Based Learning (PBL) sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari hasil uji t yang menyatakan bahwa rata-rata skor tes akhir pada kelompok eksperimen lebih baik dari pada rata-rata skor pada kelompok kontrol. Berdasarkan hasil ketuntasan belajar, sebanyak 58,33% berada pada kategori baik.Serta hasil angket respon pelaksanaan model PBL menunjukkan 49,44% setuju dengan pelaksanaan model PBL. Kata Kunci : Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar Siswa, Model Problem Based Learning (PBL).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 320 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2017 10:31
Last Modified: 07 Nov 2017 10:31
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/214

Actions (login required)

View Item View Item